Zakiarta Pengidap Tumor Mata Lakukan Pemeriksaan Sampel Cairan Sumsum dan Otak

oleh
Zakiarta

MELAWI – Zakiarta, bocah berusiaa 3,1 tahun yang mengidap tumor mata sebelah kiri sudah menjalani beberapa tahapan dalam proses pengobatannya di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM), mulai dari pemeriksaan bola mata, pengecekan hasil ct scan, pengecekan darah di labolatorium, hingga hari ini Selasa (25/6/2019), sudah menjaalani pengambilan sample cairan di otak dan tulang sumsum. Nantinya, zakiarta juga akan menjalani proses kemotrapi.

Saif baitul Ham, S.Kep, selaku perawat yang mendampingi sejak awal ke RSCM mengatakan. Alhamdulillah proses atau tahapan pengobatan yang dilakukan zakiarta hingga hari ini berjalan dengan lancar. “Kemarin itu dilakukan pengecekan darah untuk mengetahui apakah trombosit dan kondisi kesehatan umumnya baik atau tidak. Alhamdulillah baik sehingga bisa menjalani proses pengambilan sample cairan otak dan sumsum,” katanya melalui via whatsaap, Selasa (25/6/2019).

Saif mengaatakan, pengambilan sample cairan otak dan tulang sumsum dilakukan untuk mengetahui secara pasti apakah sel tumor yang diderita Zakiarta merambah ke otak dan sumsum atau tidak. Langkah tersebut untuk memastikan apa saja tahapan pengobatan selanjutnya yang harus dijalani Zakiarta.

“Jika sudah merambah ke sumsum dan otak, maka prosesnya agak lama. Namun jika tidak merambah kesana, proses tahapannya agak cepat. Kita doakan bersama mudah-mudahan tidak merambah ke otak dan tulang sum-sumnya,” jelasnya.

Hasil pengambiilan sample tersebut, lanjut Saif, menurut keterangan dokter akan diketahui seminggu kemudian, artinya pada Selasa minggu depan. “selanjutnya, nanti Zaki akan menjalani proses kemotrapi,” jelasnya.

Kemotrasi yang akan dilakukan kepada Zakiarta, Kata Saif, sesuai keterangan dokter akan dilakukan sebanyak 8 siklus. Dimana dalam satu bulan itu ada satu siklus.

“Kita doakan, semoga semua proses berjalan lancar, dan Zakiarta diangkat pengakitnya serta diberikanb sekembuhan oleh Allah,” katanya.

Sementara itu, Firtiyani, selaku ibunda Zakiarta menjelaskan kondisi fisik anaknya. Ia mengatakan, Zaki masih ceria seperti biasanya, tidak ada mengeluh sakit. Namun begitu, dari mata sebelah kirinya sering mengeluarkan cairan darah dan bagian pipi kirinya mengalami pembegkakan.

“Pipi kirinya yang mulai bengkak. Mungkin efek dari tumor dimatanya yang semakin membesar. Kemudian cairan seperti darah itu seperti biasa, mash sering keluar. Kalau untuk ngeluh sakit sangat jarang. Untuk makan dan minum, zaki juga masih seperti biasanya. Saya berdoa dan beerhaarap proses pengobatan anak saya bisa cepat, dan anak saya nantinya pulang dalam keadaan sehat dan sembuh total dari penyakitnya,” harapnya. (ED)