Meriahkan HUT RI Ke-74, Kelurahan Menteng Adakan Bermacam Perlombaan

oleh
oleh

SINTANG, KN – Dalam rangka memeriahkan dan memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-74 tahun 2019, Kelurahan Menyumbung Tengah (Menteng) mengadakan berbagai macam perlombaan, salah satunya pertandingan Bola Volly Putra/Putri yang secara resmi di buka langsung oleh Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med. PH di Lapangan Bola Volly Gang Jubair Jl. Mensiku Jaya, RT 1/RW 1 Kelurahan Menyumbung Tengah, Kecamatan Sintang, Minggu (4/8/19) sore.
Hadir juga Ketua PBVSI Kab. Sintang, sejumlah unsur Pimpinan OPD Kab. Sintang dan tamu undangan lainnya.

“nomor satu dalam kegiatan seperti ini adalah silaturrahim, bergembira, disini semua berkumpul saling sapa, saling ngobrol sore-sorekan sambil nonton lomba bah” ucap Jarot.

Terlebih memang kata Jarot olahraga bola voli ini merupakan olahraga rakyat bisa di mainkan siapa saja, mau ibu-ibu, bapak-bapak, terlebih memang anak muda.

“kalau bola kaki tu kan indektik dengan olaraganya laki-laki karena sering benturan fisik,kadang keras juga mainnya, kalau voli ni bah semua bisa main, jadi dengan adanya turnamen ini kita semua bisa bergembira”kata Jarot.

Lanjut Jarot bahwa kegiatan seperti ini memang rutin dilaksanakan dimana-mana di Indonesia guna untuk memeriahkan HUT RI setiap tahunnya, tidak terkecuali di Kabupaten Sintang, salah satu contoh di RT 1 Kelurahan Menteng ini.

“karena tema HUT RI tahun ni “SDM Unggul, Indonesia Maju, jadi kalau daerah kita, negara kita mau kuat, yang nomor satu SDMnya harus unggul, olahraga voli ni kan untuk menjaga kesehatan, voli ni pun olahraga team hadi harus kompak, kalau nda kompak kalah lah kita”ujar Jarot.

Kemudian tambah Jarot dengan adanya turnament ini Pemkab Sintang melalui PBVSI pun merasa terbantu untuk bisa membina, mencari bibit-bibit / atlet voli berkat di Kabupaten Sintang melalui tingkat RT seperti ini.

Hal senada diungkapkan Ketua persatuan Bola Volly Seluruh Indonesia (PBVSI) Kab. Sintang, Beni Syahbani, bahwa dengan adanya turnamen ini pihaknya pun merasa terbantu untuk mencari, membina bibit-bibit atlet Volly dari tingkat RT.

“disini nanti bisa lahir bibit-bibit atlet, karena saya akan kirim satu orang tim dari PBVSI kita untuk memantau turnament disini, sehingga nanti bisa kita bina kemudian bisa masuk dalam team voly PBVSI Sintang untuk turnament yang bersekala besar”kata Beni.

Selain itu juga tambah Beni pihaknya akan mengirim tim untuk memantau di daerah-daerah lain yang mengadakan turnament yang sama. Agar bibit-bibit atlet volly di Desa/Kelurahan bisa di rekrut kemudian di bina PBVSI Sintang.

“tgl 20 agustus beberapa hari kedepankan kita akan melaksanakan turnamen boli bersekala besar yakni Open Turnament Bola Volley Bupati Sintang Cup 2019, kita undang juga team voli dari Kabupaten lain di Kalbar ni, kita berharap club voli di sintang ni banyak yang ikut serta”pungkasnya.

Ketua panitia kegiatan Sri Kurniawan mengatakan Turnament Bola Volly ini merupakan salah satu rangkaian kegiatan yang di laksanakan dalam rangka memeriahkan dan memperingati HUT RI ke-74 tahun 2019, karena masih banyak kegiatan-kegiatan perlombaan dan hiburan rakyat lainnya akan di laksanakan.

“pertandingan Bola Volly ini diikuti 21 team yang terdiri dari Putra 12 team dan putri 9 team yang akan berlangsung hingga 25 Agustus 2019 mendatang dengan sistem gugur”ujar Kurniawan

Kurniawan menambahkan para team tersebut berasal dari 4 Kelurahan yang ada di Kecamatan Sintang, seperti Kelurahan Menyumbung Tengah selaku tuan rumah, Kelurahan Ulak Jaya, Kelurahan Kapuas Kiri Hulu dan Kelurahan Kapuas Kiri Hilir. (Wr)