Aktifkan Pos Kamling, Empat Desa Mandiri di Melawi Dapat Pembinaan Dari Polisi

oleh

MELAWI, KN – Pihak Kepolisian melakukan pembinaan terhadap awak pos Keamanan Keliling (Kamling) Desa Mandiri yang ada di Melawi, Kamis (12/12/19) di salah satu hotel yang ada di Desa Sidomulyo Kecamatan Nanga Pinoh. Kegiatan yang dibuka Asisten I, Imansyah Pemkab Melawi tersebut dihadiri Kapolres Melawi, AKBP Tris Supriadi dan sejumlah petugas Pos Kamling di 4 Desa Mandiri.

Usai kegiatan pembukaan, Asisten I Pemkab Melawi, Imansyah mengatakan, pihak pemerintah daerah berterima kasih sekali kepada jajaran kepolisian Polda Kalbar terutama kepada Polres melalui menyelenggarakan kegiatan pembinaan awak pos Kamling yang dikhususkan kepada desa-desa mandiri. Sehingga kedepannya nanti juga bisa diikuti oleh desa-desa lainnya yang ada di kabupaten Melawi.

“Dalam kesempatan ini juga saya berharap kepada para kepala desa para Camat , Danramil kemudian Kapolda jajaran yang terbawah sehingga bekerja sama untuk sama-sama menjaga lingkungannya masingmasing. Dengan lingkungan yang kondusif saya yakin dan percaya kegiatan apa pun kita laksanakan bisa berjalan dengan baik jadi hari ini yang akan dilaksanakan oleh jajaran kepolisian Polda Kalimantan Barat dan Polres. Ini merupakan pembinaan, pelatihan, pemberian materi sehingga mereka juga mengerti tentang alat alat peraga yang diberikan untuk meningkatkan kinerja PsKamling. Seperti pentungan, borgol. Artinya itu semua untuk kita sama-sama menjaga kondisi Kamtibmas yang kondusif,” ungkapnya.

Lebih lanjut Imansyah mengatakan, dengan adanya peralatan peralatan ini juga diharapkan desa setempat khususnya desa mandiri bisa jadi contoh desa-desa yang lain untuk sama-sama jaga lingkungan dengan aman, tertib dan damai.

Dikesempatan yang sama Kapolres Melawi AKBP Tris Supriadi mengatakan, yang jelas ini salah satu bentuk pembinaan. Kedepannya juga pihak Polri akan menggalakkan semua pos kambing yang ada di wilayah secara bertahap dengan Pemerintah Daerah. Dengan tni juga tetap bersinergi untuk menciptakan keamanan di lingkungannya.

“Jadi di sini ada beberapa materi yang disampaikan sebagai pelatihan. Dari hal-hal dasar termasuk bagaimana keamanan untuk diri sendiri dan bagaimana apabila terjadi bencana secara teknis bisa menanganinya. Itu semua kita sampaikan di dalam pembinaan,” ujarnya.

Terpisah, Salah satu peserta pembinaan Awak Pos Kamling, yang merupakan Kepala Dusun Mawang Raya Desa Batu Nanta, Hadiwinarso mengatakan Poskamling di daerahnya sudah berjalan sejak pelaksanaan Pemilu tahun lalu. Namun berhenti. dan akan dilanjutkan kembali karena Batu Nanta merupakan desa mandiri. Ia berharap mudah-mudahan untuk ke depannya dapat menjalankan pos Kamling dengan baik.

“Apa yang disampaikan dari materi dari kepolisian mudah mudahan kami warga bisa menjalankan dengan baik. Alhamdulillah adanya Siskamling daerah menjadi lebih aman, kita bisa sama sama saling mengawasi,” pungkasnya. (Ed/KN)