Antisipasi Karhutla, Polsek Ella Hilir Lakukan Patroli ke Desa-Desa dan Perusahaan

oleh

MELAWI, KN – Guna mengantisipasi terjadinya kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di wilayahnya, Polsek Ella Hilir Polres Melawi, Polda Kalbar melalui Subsatgas Ops Bina Karuna Kapuas-2022 melakukan patroli karhutla ke sejumlah desa, Senin (14/3/2022).

Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K. melalui Kapolsek Ella Hilir, Iptu Widaya mengatakan, kegiatan tersebut guna memastikan tidak terdapat lahan yang oleh pemiliknya diduga akan dibakar.

“Untuk sementara belum ditemukan lahan siap dibakar di desa-desa yang menjadi sasaran patroli tadi, di antaranya Desa Sungai Mentoba, Natai Compa, Popai, Domet Permai dan Desa Nanga Nuak,” terangnya.

Iptu Widaya juga menyampaikan, dalam kegiatan patroli karhutla itu, pihaknya juga melakukan pengecekan kesiapan perlengkapan pemadam kebakaran yang dimiliki oleh PT. Citra Mahkota, salah satu perusahaan perkebunan kelapa sawit yang ada di Ella Hilir.

Pengecekan itu dilakukan guna memastikan perlengkapan yang ada dapat selalu siap digunakan apabila sewaktu-waktu terjadi kebakaran lahan, khususnya di wilayah HGU PT. Citra Mahkota.

“Untuk perlengkapan yang ada dalam kondisi baik dan siap digunakan. Selain itu, menara pantau api dan embung yang ada juga dalam kondisi baik,” ucap Iptu Widaya.

Selain berpatroli kedesa desa dan mengecek perlengkapan di PT Citra Mahkota,
Iptu Widaya juga mengimbau agar warga untuk tidak membuka lahan dengan cara dibakar baik diguna keperluan berladang maupun lainnya yang dapat berakibat pada terjadinya karhutla.

“Stop membakar lahan karena dampaknya dapat mempengaruhi kesehatan dan lingkungan,” imbaunya. (Alf)