Bupati Dan Wakil Bupati Sekadau Misa Kamis Putih Bersama Ribuan Umat

oleh

SEKADAU, kalimantan-news.com – Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si didampingi isterinya Ny. Kristina Rupinus, S.Pd, M.Si dan putra bungsunya Meirando Katoyoh serta Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si didampingi isterinya Ny. Vixtima Heri Supriyanti Aloysius, A.Md mengikuti misa kudus hari raya kamis di Gereja Katolik Santo Petrus dan Paulus Sekadau. Misa dipimpin oleh Pastor Valentinus Saeng, CP dan Pastor Grasius.

Umat Katolik Kabupaten Sekadau yang hadir dalam misa kamis itu tidak kurang dari 200-an orang. Misa Kamis putih dimulai pukul 18.00 wib. Hari kamis putih disebut kamis suci. Ritual perjamuan kamis putih diperingati sebagai perayaan ekaristi atau perjamuan kudus. Pada misa kamis putih ini, pastor Valentinus membasuh kaki 12 ketua kring di lingkungan paroki santo petrus dan paulus Sekadau sebagai peringatan Yesus membasuh para muridnya dalam perjamuan terakhir pelayanan Yesus di dunia sebelum kematian-Nya.

Pastor Valentinus dalam homilinya mengingatkan umat kristiani pasca pemilu 2019 untuk melakukan rekonsilaisi atau berdamai kembali. “Rekonsiliasi kita berdamai kembali karena mungkin selama kontestasi politik, barang kali ada kata-kata yang keluar menyerang lawan, menyerangkan kandidat lain atau kompettetor atau perbuatan perbuatan yang cukup menyakitkan hati, sebagai umat kirstiani kita singkirkan, kita lupakan, kita ampuni sama lain, kita memulai suasana baru, relasi baru hubungan baru satu sama lain,” ujarnya.

Pastor Valen mengingatkan bahwa kontestasi politik itu juga jangan hanya berhenti pada kekuatasaan tetapi kekuasaan itu harus untuk pengabdian kepada masyarakat untuk pengabdian dan pelayanan dan untuk kesejahteraan bagi masyarakat. Kaitan dengan pembasuhan kami 12 murid pada perayaan kamis putih, Pastor Valen menjelaskan bahwa Pembasuhan mengambarkan yesus datang sebagai tuhan dan guru melalui murid-muridnya.

Dikatakan Pastor Valen, pembasuhan memberi contoh teladan bahwa siapa pun yang menjabat, siapapun yang mendapat kekuaasaan ingat, bahwa kekuasaan itu untuk melayani, untuk membangun masyarakat menjadi ebih baik aman dan menjadi lebih sejahtera. “Ini pesan yang disampaikan dalam hari kamis putih bahwa kekuasaan untuk melayani,” pesan Pastor Valentinus. (Hms/As)