Bupati Sekadau Buka Workshop Tindak Lanjut Program SLUP

oleh

SEKADAU, KN – Setelah membagikan sertifikat Redistribusi di Desa Peniti dan Ensalang, Bupati Sekadau Rupinus, langsung membuka workshop Perluasan Model Perencanaan Tata Guna Lahan dan Pengelolaan Hutan Berkelanjutan di Kabupaten Sekadau, Selasa siang, (28/1/2020).

Kegiatan tersebut berlangsung di ruang rapat Wakil Bupati Sekadau, Komplek perkantoran pemerintahan Kabupaten Sekadau, jalanan merdeka timur, Km 9 Desa Bokak Sebumbun, Kabupaten Sekadau.

Rupinus menyampaikan dukungan pemerintah Kabupaten Sekadau atas inisiasi JKPP bersama masyarakat dalam rancana tataguna lahan berkelanjutan di Kabupaten Sekadau.

Menurut Rupinus perencanaan tersebut sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 9 Tahun 2016 tentang Percepatan Pelaksanaan Kebijakan Satu Peta (KSP).

“Saya setuju dengan adanya perencanaan ini, dan memang masyarakat harus dilibatkan secara aktif dalam pemetaan wilayah ini, agar tidak ada terjadi timpang tindih dalam pelaksanaannya nanti,” papar Rupinus.

Adapun tujuan dari kegiatan itu diantaranya untuk mendiskusikan peluang kebijakan dalam mewujudkan akses ruang, dan akses kelola masyarakat di kawasan hutan, mendiskusikan inisiatif perluasan pemetaan dan perencanaan tata guna lahan berkelanjutan di wilayah lain, menindaklanjuti program Sustainable Land Use Planing (SLUP) wilayah Nanga Mahap, dan mendiskusikan sinergi dengan pihak terkait. (*)

Penulis: Meliamus Acil