Cegah PMK, Polres Melawi Laksanakan Monitoring dan Pengecekan Hewan Ternak

oleh

MELAWI, KN – Kasat Binmas AKP Haryono bersama anggotanya Aipda Supar’am melaksanakan kegiatan monitoring dan pengecekan hewan ternak untuk mengantisipasi penyakit mulut dan kuku (PMK).

Kegiatan ini, ini dilaksanakan di 4 Desa 2 Kecamatan yaitu Desa Sidomulyo Kecamatan Nanga Pinoh, Desa Labang Kecamatan Belimbing, Desa Tubung Kecamatan Belimbing dan Desa Tanjung Tengang Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Senin (16/5/2022).

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kasat Binmas AKP Haryono menyampaikan “Dalam kegiatan ini kami melaksanakan pengecekan dan pendataan hewan ternak milik warga. Dari 4 Desa yang kami datangi tidak ditemukan ciri-ciri hewan ternak terpapar penyakit mulut dan kuku,” jelasnya.

Lanjutnya, “Walaupun tidak ditemukan indikasi hewan ternak terpapar PMK, kami tetap memberikan imbauan kepada masyarakat pemilik hewan ternak agar selalu menjaga kebersihan kandang ternaknya serta pakan, untuk mencegah hewan ternak tertular penyakit,” ungkapnya.

Tambahnya, “Jika ada ditemukan hewan ternak dengan ciri-ciri demam, kaki pincang dan mulut berliur. Segera menghubungi Puskeswan serta dokter hewan agar cepat ditangani, hal ini dilakukan agar penyakit PMK ini tidak meluas dan menyebar di Wilayah Kabupaten Melawi ini,” tuntasnya. (Okt)