Cek Situasi di TPS, 2 Jendral Turun Langsung di Pilkada Sintang

oleh

SINTANG, KN – Dua Jendral Bintang 1 turun langsung mengecek situasi dan kondisi dalam pelaksanaan Tahapan Pencoblosan pada Pilkada Serentak 2020 di Kabupaten Sintang, Rabu (9/12/2020).

Kedua Jenderal ini yaitu Wakapolda Kalbar Brigjen Pol Asep Safrudin, S.I.K dan Brigjen. Pol. Makhruji Rahman, S.I.K., M.H yang merupakan Karobinopsnal Baharkam Polri sekaligus bertindak sebagai Ketua Tim Supervisi dan Asistensi Pilkada serentak tahun 2020.

Dengan didampingi oleh Kombes Pol Widi Atmoko, S.I.K yang saat ini bertugas sebagai Perwira Pengamat Wilayah (Pamatwil) Polres Sintang romobongan pun mendatangi beberapa TPS.

Rombongan Perwira Tinggi ini pun melakukan pengecekan meliputi keamanan di sekitar TPS yang mana telah berjaga personil TNI, Polri dan Linmas selain itu pengecekan juga dilakukan terhadap penerapan 15 hal baru di TPS.

Mulai dari kedatangan masyarakat yang telah diatur, menggunakan masker, cuci tangan, pengecekan suhu tubuh, kelengkapan lainnya terkait protokol kesehatan seperti sarung tangan, sabun dan lainnya serta tidak luput para pengawas di TPS baik itu KPPS nya dan personil TNI-Polri juga jadi pantauan kedua Jenderal ini.

“Prokes 15 hal baru pada Pelaksanaan pungut dan hitung suara di TPS ini merupakan hal yang wajib dilaksanakan oleh petugas KPPS dan PPK di TPS guna mencegah terjadinya kluster baru pasca pilkada ini,” ungkap Brigjen Pol Asep.

Waka Polda Kalbar ini juga berharap agar para petugas pengamanan di TPS baik petugas dari Polri, TNI dan Linmas untuk terus mengingat kan para masyarakat yang datang untuk memberikan hak suaranya agar mematuhi prokes yang ada.

Perlu diketahui bahwa 15 hal baru telah masuk dalam Peraturan KPU demi mengantisipasi timbulnya klaster baru dari pelaksanaan Pilkada Serentak di seluruh Indonesia yang mana hal ini merupakan sesuatu yang wajib diterapkan oleh petugas dan masyarakat ketika berada di area seputaran TPS.

Dari hasil pantauan nya kedua Pati yang hadir di Kabupaten Sintang ini merasa puas dengan penerapan Prokes yang ada di TPS dan berharap agar Pelaksana pungut dan hitung suara pilkada Bupati dan wakil bupati Sintang berjalan dengan aman, damai, sejuk dan sehat. (Hr)