Dadi: Kemenag Hadir Sebagai Payung Teduh Bagi Semua Unsur Umat Beragama

oleh

MELAWI, KN – Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa bertindak sebagai inspektur upacara Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke-76 di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi, Senin (03/01/2022) di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi.

Saat membacakan sambutan Menteri Agama Republik Indonesia, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa mengatakan Kementerian Agama RI memiliki peran penting dan strategis dalam meningkatkan pemahaman dan pengamalan ajaran agama serta mewujudkan tatanan kehidupan beragama yang toleran dan ramah bagi semua.

Menurutnya, Kementerian Agama telah hadir sebagai payung teduh bagi semua unsur umat beragama, memberikan pelayanan prima bagi masyarakat yang membutuhkan layanannya dan menjaga Pancasila, Konstitusi, dan NKRI untuk tetap dalam jalurnya,

Hal tersebut dibuktikan dengan naiknya Indeks Kesalehan Umat Beragama dari 82,52 pada tahun 2020 menjadi 83,92 pada tahun 2021. Indeks Kerukunan Umat Beragama juga mengalami peningkatan dari 67,46 menjadi 72,39. Indeks Kepuasan Layanan KUA meningkat menjadi 78,90.

Lanjutnya, Kemenag juga telah menjalin hubungan yang baik dengan para tokoh dan pemuka agama, organisasi dan lembaga keagamaan, forum kerukunan umat beragama, serta unsur masyarakat lainnya.

Dari perspektif tata Kelola keuangan, Kementerian Agama RI juga mampu mempertahankan prestasinya, dimana Kemenag Kembali meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian atas Laporan Keuangan Tahun 2020. Capaian tersebut, menjadi prestasi yang diraih selama lima tahun berturut-turut sejak Tahun 2016.

Pada kesempatan tersebut juga, Bupati Melawi, H. Dadi Sunarya Usfa Yursa menyerahkan penghargaan Satyalancana Karya Satya dari Presiden Republik Indonesia kepada PNS di lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi.

Hadir pada kegiatan tersebut Kapolres Melawi, LO Kodim 1205/Sintang, Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat, serta Para PNS di Lingkungan Kantor Kementerian Agama Kabupaten Melawi. (HUMAS/Fariz)