Danramil Sekadau Pilih Lahan Percontohan Warga Tebtang Sosialisasi Langit Biru Di Desa Sungai Ringin

oleh

SEKADAU, KN – Sebagai tindak lanjut dari program sosialisasi langit biru di bumi Khatulistiwa tahun 2020, Danramil Sekadau Hilir Kapten Arh Lasdon Simaremare, bersama Babinsa Sertu Katiman, Bhabinkamtibmas Brigadir Subhan Syah Khan dan Sekdes Sungai ringin Akhmal setiadi Musran menentukan lahan warga masyarakat untuk dijadikan percontohan mengelolah Lahan untuk tanam padi tanpa membakar Senin, (09/03/2020).

Adapun kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari sosialisasi program langit Biru. Dan lahan yang pilih adalah milik bapak Mis’an (40) warga Dusun Sungai Ringin Desa Sungai Ringin, Kecamatan Sekadau hilir Kabupaten Sekadau. Luas lahan tersebut kurang lebih 0.5 Ha, berupa lahan gambut yang selama ini mereka kelola dengan cara membakar.

Ladson Simaremare menjelaskan cara pengolahan tanpa membakar dan manfaat kayu yang ditebang diolah menjadi cuka kayu. Sehingga, menjadi nilai ekonomis buat masyarakat terutama pemilik lahan.

“Rencana selanjutnya adalah gotong royong untuk menebas lahan bersama masyarakat. Dan pemilik lahan yang sudah disepakati oleh 3 Pilar pada awal bulan Mei 2020,” katanya. (*)

Penulis: Meliamus Acil