Forkopimda Monitoring Sejumlah TPS di Kota Sintang

oleh

SINTANG, KN – Sebanyak 14 Kecamatan di Kabupaten Sintang serentak melakukan pungut suara Calon Bupati Sintang dan Wakil Bupati Sintang.

Guna memberikan rasa aman bagi masyarakat, Kapolres Sintang bersama Dandim 1205 dan Forkopimda lainnya mulai dari Ketua Pengadilan Negeri, Kepala Kejaksaan Negeri, Ketua KPU, Ketua Gakumdu dan Kepala Kesbangpol melakukan monitoring ke sejumlah TPS.

Kurang lebih sebanyak 13 TPS yang dimonitoring oleh rombongan Forkopimda saat itu yang tersebar di seputaran Kota Sintang.

Dalam monitoring ini sendiri, Kapolres Sintang AKBP Ventie Bernard Musak turut berdialog langsung bersama petugas di TPS untuk mengetahui kondisi jalannya tahapan pencoblosan guna mengetahui apakah terdapat kendala dalam pelaksanaannya.

“Beberapa TPS yang kita datangi untuk dimonitoring tidak ditemukan adanya sesuatu yang ganjal dan dari keterangan personil baik itu TNI dan Polri yang bertugas untuk pengamanan di TPS tersebut juga mengungkapkan situasi sampai saat ini terbilang aman dan terkendali” Jelas Kapolres.

Selain mengecek situasi di TPS, tidak luput Kapolres Sintang juga turut mengecek penerapan Protokol Kesehatan yaitu 15 hal baru di TPS apakah sudah terlaksana dengan baik sehingga masyarakat yang ingin manyalurkan suaranya dapat merasa terjamin baik itu keamanan maupun kesehatannya.

Mengingat situasi saat ini yaitu Darurat Kesehatan yang disebabkan oleh Pandemi Covid-19, Penerapan Protokol Kesehatan merupakan hal yang wajib dalam mengantisipasi timbulnya klister-klaster baru.

“Dari hasil pantauan kami, untuk TPS sendiri sudah cukup baik dalam menerapkan 15 hal baru yang sudah diatur dalam PKPU guna mengantisipasi penyebaran Covid-19 terlebih dengan adanya bantuan personil TNI-Polri dan Linmas yang mana hal ini bisa ditegakan agar dilaksanakan oleh setiap warga yang datang mencoblos” Kata Kapolres.

Terakhir dirinya juga berharap pada Pilkada Serentak di Kabupaten Sintang kali ini tidak muncul klaster-klaster baru karena penerapan yang cukup baik sehingga hal ini seharusnya dapat mengantisipasi penyebaran Covid-19.

“Kita sama-sama berdoa saja supaya selesai Pilkada ini dari pencoblosan hingga penghitungan kita dijauhi dari yang Namanya Terpapar Covid-19 dan situasi Sintang bisa aman, sejuk dan damai” Tutupnya. (Hr)