Hadiri Sosialisasi Tahapan Pilkada, Waka Polres Sintang, Polres Sintang Siagakan 571 Personil

oleh

SINTANG, KN – Wakapolres Sintang, Kompol Alber Manurung menghadiri sosialisasi tahapan pencalonan dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang tahun 2020 di Hotel My Home Sintang, Rabu (8/7/2020).

“Kitakan kebagian tugas untuk mengamankan jalannya pemilu Bupati dan Wakil Bupati ini. Kesiapan pengamanan sudah kita urus. Setiap tahapannya nanti akan kita kawal sehingga kita harapkan pemilu kali ini di Sintang tetap aman, damai , dan lancar,” kata Kompol Alber.

Lanjut Waka, kita sudah siap saat ini termasuk jajaran yang ada di polsek-polsek sudah mulai melakukan penggalangan, sudah mulai menghimbau warga untuk tetap menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan masing-masing,” tambahnya.

Menurut Kompol Alber Manurung, pihaknya menyiapkan 571 personil yang akan disiagakan untuk pengamanan pesta demokrasi di Sintang akhir tahun nanti.

Selain itu jumlah tersebut akan ditambah Bawah Kendali Operasi (BKO) dari Polda Kalbar sebanyak 200 personil. Jumlah tersebut belum mencakup pengamanan yang dilakukan dari TNI dan mitra kamtibmas lain yang ada di Kabupaten Sintang. Saat ini pengamanan dilakukan dengan mengedepankan pada kegiatan preemtif dan preventif yang didukung giat intelejen.

Semantara itu, Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sintang, Antonius V. Tian mengatakan bahwa pihaknya sudah siap untuk menyelenggarakan Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sintang tahun 2020.

Kesiapan itu ditunjukkan dengan telah terlaksananya sejumlah kegiatan terkait sesuai dengan jadwal yang sudah ditetapkan oleh KPU Pusat.

“Kita sudah sangat siap, sejauh ini semua tahapan bisa laksanakan sesuai jadwal, Hari ini kita mengumpulkan perwakilan dari setiap partai peserta pemilu untuk membahas mengenai tahapan pencalonan, karna ini akan sangat melibatkan partai-partai sebagai pengusung bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Sintang nantinya,” ungkap Tian ini.

Terkait pendanaan lanjut Tian, kita juga sudah siap, terlebih kita sudah menerima dana hibah dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang beberapa waktu lalu. Setelah ini kita akan memasuki tahap coklit, pencocokan dan penelitian data pemilih yang ada, ucap Tian. (PNC/DD)