Ini Beragam Manfaat Combine Harvester Modern yang Dibuat PT Rutan

oleh

ARTIKEL – Sejak dahulu kala Indonesia sudah dikenal memiliki kekayaan alam yang melimpah. Mulai dari hasil pertanian serta perkebunan seperti beras, kedelai, jagung, sampai pertanian perdagangan seperti kopi, cengkeh, teh, kina, cengkeh, tebu, karet dan masih banyak lainnya. Warisan alam ini tentunya memberikan dampak positif bagi negara sehingga membutuhkan pengelolaan melalui alat pertanian modern untuk lebih meningkatkan produktivitas.

Sebagai negara agraris, Indonesia menjadikan sektor pertanian sebagai salah satu kekuatan utama dalam roda penggerak ekonomi. Sedangkan, di mata dunia sendiri sektor pertanian Indonesia begitu disegani dan diakui sebagai negara yang cukup produktif. Meskipun begitu, Indonesia masih mengalami kendala dengan persoalan alat pertanian. Kebanyakan alat pertanian yang dipakai umumnya menggunakan alat tradisional dan belum memenuhi standar alat pertanian modern.

Manfaat Combine Harvester sebagai Alat Pertanian Modern

Combine Harvester menjadi alat pertanian modern yang paling dibutuhkan saat ini. Kendaraan ini memiliki banyak manfaat dalam dunia pertanian. Mesin Combine Harvester sendiri terbagi dalam dua ukuran yakni ukuran kecil dan besar. Sementara itu, Combine Harvester memiliki dua jenis roda yaitu model roda crawler dan roda biasa. Combine Harvester roda crawler biasanya digunakan pada tanah yang berlumpur, sedangkan roda biasa digunakan pada tanah kering.

Berbagai model mesin pertanian modern kini dihadirkan oleh PT Rutan yang menjadi salah satu pionir mesin pertanian di Indonesia. Sejak tahun 1942, PT. Rutan telah mengembangkan produk alat pertanian modern dengan tujuan membantu sektor pertanian di Indonesia yang memiliki kondisi lahan berbeda seperti pada lahan basah dan lahan kering.

Bukan hanya berguna pada kondisi lahan tertentu saja, fungsi Combine Harvester juga sangat membantu hasil, kualitas serta kehidupan petani. Pertama, Combine Harvester dapat meningkatkan kapasitas kerja sehingga area garapan lebih luas. Kedua, dengan penggunaan Combine Harvester yang modern maka kualitas hasil pertanian akan semakin baik. Ditambah lagi ketepatan serta manajemen waktu produksi lebih terjamin.

Sementara itu, penggunaan Combine Harvester juga akan lebih menguntungkan para petani. Pasalnya, mesin ini lebih praktis dan mudah digunakan. Selain itu, penggunaannya lebih memberikan rasa aman dan nyaman sehingga produktivitas petani jauh lebih baik. Dan terpenting, keberadaan Combine Harvester akan mengurangi biaya produksi sehingga petani tidak terbebankan dengan pengeluaran yang besar.

Mesin Pertanian Combine Harvester PT Rutan

Sebagai perusahaan penyedia alat pertanian modern, PT Rutan memproduksi Combine Harvester untuk mendukung sektor pertanian di Indonesia. Beberapa model memiliki spesifikasi dan kegunaan berbeda seperti Crown CCH 2000 Star Combine Harvester seri 61 dan 71, Crown Sumo Combine Harvester 106, Crown Tomcat Combine Harvester 790B, Crown Dewi Sri Combine Harvester seri 911 dan DCH 9270.

Crown Sumo Combine Harvester 106, misalnya menggunakan teknologi baru untukteknik pemanenan. Dengan mesin ini, petani dapat menggabungkan tiga fungsi sekaligus yakni pemotongan, perontokan hingga pembersihan.

Spesifikasi Crown Sumo Combine Harvester 106: Berat       : 3200 Kg

DimensiTotal                                    : 5145 x 2500 x 3040 mm

Kapasitas Kerja                                : 0,8 Ha/jam

Sistem Kemudi                                 : Hidraulik HST (F:3 /R:3)

Kapasitas TangkiPenampung       : 300kg

Sistem Penampungan Gabah      : Hooper Manual

Untuk informasi selengkapnya tentang alat pertanian modern dari PT Rutan dapat dilihat di www.rutan.co.id atau Instagram @pt.rutan serta Whatsapp: 0811-3225-9900 atau (+62) 31-3550191 (*)