Ini Nama Raja Sekadau Gusti Mohamad Efendy Setelah Di Nobatkan

oleh

SEKADAU – Raja Sekadau, Gusti Muhamad Efendi apresiasi dan berterimakasih kepada Bupati pertama Bapak Simon Petrus sebagai Bupati Sekadau 2 periode. Pembangunan di Kabupaten Sekadau sungguh pesat bagaikan Kabupaten yang sudah 5 periode.

“Seolah-olah Kabupaten Sekadau ini sudah berusia 25 tahun menjadi Kabupaten. Dulu untuk menempuh kota kecamatan sangat susah, sekarang semua bisa ditempuh dengan mobil, “ucapnya Jumaat (16/1/18).

Sebagai Raja kata dia, saya berterimakasih kepada Bapak Simon Petrus yang telah membangun Sekadau selama 2 periode dan pembangunan yang sangat pesat sekali. Kepemimpinannya juga sangat disenangi masyarakat. Setelah beliau habis masa jabatan, pembangunan juga masih dilanjutkan oleh Bupati Sekadau yang sekarang, Bapak Rupinus.

Atas nama masyarakat Sekadau kata dia, kami merasa puas karna pembangunnya semakin ditingkatkan. Sebagai contoh yakni komplek Pasar Baru Jalan Panglima Naga Sekadau yang sudah seperti bangunan kota besar. Dari segi keamanan juga kita rasakan bahwa Sekadau sekarang sangat aman tidak ada preman yang meresahkan masyarakat.

“Itu semua karna Pemimpin kita yakni Bapak Simon Petrus dan Bapak Rupinus, semua itu berkat kerjasama pihak pemerintah, keamanan dan pihak Kerajaan,” lanjutnya.

Perlu juga diketahui kata dia, saat penancapan tiang pertama Keraton Kusuma Negara Sekadau pada tahun 2011 juga dihadiri oleh Bupati Sekadau pertama yakni Bapak Simon Petrus. Biaya pembangunan Keraton juga dibantu oleh Pemerintah Kabupaten dan Provinsi. Alhamdulillah sekarang sudah selesai.

Raja Gusti Mohamad Efendy katakan, Keraton Kusuma Negara bukanlah milik salah satu suku, tetapi milik masyarakat Sekadau. Asal usul Kerajaan Kusuma Negara juga terdiri dari 6 suku setempat. Suku paling dominan adalah suku senganan dan suku dayak.

“Dengan Raja pertama Kerajaan Kusuma Negara Sekadau pada abad ke 6-8 adalah Raja Siak Bulun,” ujarnya.

Ia juga katakan bahwa pada tanggal 15 Desember mendatang dirinya akan di Nobatkan sebagai Raja Kerajaan Kusuma Negara dengan gelar, Gusti Mohamad Efendy Sri Negara II. Acara penobatan akan dihadiri oleh Menteri Pariwisata dan Kebudayaan, Gubernur Kalbar, Pangdam, Kapolda Kalbar, Para Raja Se-Kalbar, Raja Palembang, Raja Cirebon, Raja Bali, Raja Banjarmasin, Sultan Filipina, dan Kerabat Kerajaan Brunai.

“Ada sekitar 2000 undangan. Untuk masyarakat Sekadau kita undang lewat media masa, silakan datang dan akan kita sambut dengan baik karna ini gawai kita semua,” tuturnya.

Ia berharap setelah Penobatannya nanti, supaya masyarakat tetap menjaga persatuan dan kesatuan dan harus kita perkuat. Kita tidak boleh memandang suku apa, agama apa, kita semua warga negara Indonesia. Kita harus bersatu menjaga keutuhan negara Republik Indonesia.

“Saya sebagai Raja mengucapkan terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sekadau atas kerjasama yang baik terhadap kaum kerabat kerajaan,” ucapnya. (AS/KN)