Ini Pernyataan Kepala BPBD Sintang Terkait Pengungsi Banjir di Masjid Abu Bakar

oleh

SINTANG, KN – Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sintang, Bernhad Saragih, menanggapi informasi yang beredar di masyarakat mengenai klarifikasi dari pengelola Masjid Abu Bakar, Jalan Transito Sintang yang menjelaskan bahwa konsumsi para pengungsi korban banjir Sintang di Masjid Abu Bakar Sintang bukan berasal dari Pemerintah Kabupaten Sintang melainkan dari swadaya pengelola Masjid Abu Bakar beserta sumbangan jamaahnya.

“klarifikasi dari Pengelola Masjid Abu Bakar Jalan Transito Sintang sangat benar. Pelaksana Harian Bupati Sintang saat mengunjungi lokasi pengungsian di Masjid Abu Bakar juga sudah menyampaikan ucapan terima kasih kepada pengelola masjid yang sudah secara sukarela membuka masjidnya untuk dijadikan lokasi mengungsi serta menyediakan makanan dan minuman untuk korban banjir. Ibu Yosepha Hasnah juga mengunjungi beberapa posko pengungsian dan dapur umum yang dikelola mandiri oleh warga” terang Bernhad.

Lanjut Saragih, Pemerintah Kabupaten Sintang memang belum ada membantu sembako untuk keperluan dapur umum di Masjid Abu Bakar, tetapi kami siap memberikan bantuan beras untuk dapur umum yang dikelola penuh Pemerintah Kabupaten Sintang yang ada di Dinas Sosial Kabupaten Sintang.

Selain Pemkab Sintang, banyak pihak juga yang membuka dapur umum dan sumber dananya dari donatur.

“Kami sangat berterima kasih atas bantuan banyak pihak yang sudah rela membantu korban banjir di Kecamatan Sintang ini” ucap Saragih.

Menurut Saragih, ada juga lokasi pengungsian dan dapur umum di Kelurahan Kapuas Kanan Hulu yang diperuntukan bagi warga Kelurahan Kapuas Kanan Hulu dan sembakonya juga disuplay oleh para dermawan yang ada di Kelurahan Kapuas Kanan Hulu.

“Ada posko dan dapur umum di Kodim 1205 Sintang yang dikelola oleh jajaran Kodim 1205 Sintang. Ada banyak juga organisasi yang sudah menyerahkan bantuan untuk korban banjir di Kecamatan Sintang ini” terang Saragih. (Rl)