IWO Gandeng Dinkes Sekadau Gelar Aksi Sosial

oleh
oleh

EKADAU, KN – Ikatan Wartawan Online (IWO) Kabupaten Sekadau bekerja sama dengan Dinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau menyambangi dan menyerahkan bantuan kepada keluarga lumpuh layu yang dalam keluarga tersebut terdapat 4 bersaudara Mani, (63), Tinus (58), Nunah (44), dan Sebinus (41) mengalami  lumpuh sejak usia 8 tahun lebih di Desa Tinting Boyok Kecamatan Sekadau Hulu Kabupaten Sekadau, Selasa (11/02/2020).

Ketua Ikatan Wartawan Online (IWO) Sekadau, Antonius Sutarjo mengatakan, bantuan yang diberikan kepada keluarga lumpuh layu adalah dalam rangka memperingati HUT Pers Nasional ke 74 dan sebagai bentuk kepedulian IWO Kabupaten Sekadau untuk meringankan beban keluarga yang bersangkutan.

“Aksi kepedulian ini didukung oleh Dinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau dan para donatur. Donatur yang dimaksud yakni dari rekan-rekan IWO, Kantor BPN Sekadau, Akiam, dan anggota DPRD Sekadau dari Fraksi Partai Gerindra,” ucap Tarjo.

Yohanes Jaka salah satu keluarga yang merawat keluarga lumpuh layu tersebut mengatakan bahwa selama ini Ia juga sudah merawat mereka kurang lebih 7 tahun.

“Saya sudah ikut membantu merawat mereka kurang lebih 7 tahun, dan apabila mereka membutuhkan sesuatu sayalah yang membantu mereka,” kata Jaka.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada kawan-kawan wartawan IWO yang sudah mau memberikan sumbangan kepada keluarga tersebut.

“Terimakasih kasih kepada kawan-kawan semua yang sudah memberikan bantuan kepada keluarga kami, dan saya pribadi atas nama keluarga tidak membalasnya satu persatu,”ucapnya.

Namun, Jaka juga berharap kepada Pemkab Sekadau agar bisa memperhatikan mereka serta memberikan bantuan.

Jaka menjelaskan terakhir mereka menerima bantuan pada tahun 2018, dan sampai sekarang mereka belum menerima bantua dari Instansi terkait.

“Saya berharap kepada pemerintah daerah Kabupaten Sekadau, melaui dinas terkait agar bisa membatu dan memberikan uluran tangan terhadap mereka dan kami sangat mengharapkan sekali bantuan dari Pemkab Sekadau “, harapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Desa Tinting Boyok, AM Robi menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terimakasih kepada Ikatan Wartawan Online Sekadau atas bantuannya.

“Saya atas nama pemerintah Desa Tinting Boyok mengucapkan terimakasih telah membantu masyarakat kami yang tidak mampu, warga Tinting Boyok . Semoga bantuan ini bisa bermanfaat bagi mereka,” ucapnya.

Robi juga menyampaikan bahwa dari pihak perusahaan dalam hal ini PT. TBSM juga ada memberikan bantuan rutin tiap bulan berupa sembako dan uang tunai sebesar 1 juta/bulan. Selain itu, dari desa Rp4 juta/bulan, dan juga bantuan swadaya masyarakat yang ada di Desa Tinting Boyok.

Parmiyati, Kasi Pelayanan Dasar dan Tradisional Dinas Kesehatan Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (Dinkes PP dan KB) Kabupaten Sekadau mengatakan, Dinas Kesehatan sangat peduli dengan hal-hal seperti ini. Tidak hanya seperti ini saja, tapi juga kepada masyarakat miskin tetap diberikan pelayanan.

“Jika wartawan mengetahui terlebih dahulu hal-hal seperti ini, supaya diberitakan agar masyarakat dan pemerintah daerah mengetahuinya, sehingga bisa bergerak bersama-sama,” kata Parmiyati.

Untuk menangani masalah seperti ini, ia mengatakan bahwa Dinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau mempunyai perpanjangan tangan yaitu Puskesmas, Pustu dan Polindes.

Dalam aksi sosial yang dilakukan oleh IWO Sekadau juga dihadiri Dinkes PP dan KB Sekadau, Kepala dan pegawai Puskesmas Rawak Kecamatan Sekadau Hulu, Kades Tinting Boyok, serta pegawai pustu dan polindes Desa Tinting Boyok.

Adapun bantuan yang diserahkan adalah beras,gula,kopi, telur,minyak goreng, peralatan mandi, dan obat-obatan. (*)

Penulis: Meliamus Acil