Jadi Kawasan Olahraga, Bupati Resmikan Billboard KONI di Simpang Lima

oleh

SINTANG, KN – Bupati Sintang, Jarot Winarno meresmikan papan iklan (billboard), sekaligus melakukan peletakan batu pertama pembangunan sirkuit road race dan pembangunan fitness center milik KONI Kabupaten Sintang, yang dilaksanakan pada, Selasa, (15/09/2020).

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan bahwa pembangunan tidak hanya membangun infrastruktur saja.

“selain membangun infrastruktur, daerah ini juga membangun jiwanya, membangun badannya, karena dinamika kabupaten/kota yang baru berkembang membutuhkan pembangunan jiwa, baik itu sarana ibadah, ruang terbuka hijau, taman-taman, gedung kesenian budaya, dan medium yang paling pas untuk membangun jiwa dan raga ialah olahraga, sehingga olahraga harus mendapatkan tempat yang penting dalam pembangunan di Kabupaten Sintang”, kata Jarot.

Menurut Jarot, fungsi dibangunnya papan iklan (billboard) ini dirasa sangat penting, karena untuk menandai zonasi, mana itu kompleks olahraga, kemudian lagi fungsinya untuk dimanfaatkan sebagai tempat apresiasi dan publikasi para atlet olahragawan kita, jadi yang billboard ini harus kita jaga dan kita rawat.

Lanjut Jarot, kawasan olahraga juga harus memperhatikan beberapa unsur yang lainnya, seperti sarana dan prasarana tempat olahraga itu paling banyak, harus ada ruang terbuka hijau, kemudian ada gedung kesenian dan budaya, yang dimana semua itu untuk menampung hobi anak muda, baik itu hobi anak muda yang suka balapan, kita sediakan tempat agar nantinya tidak balapan sembarangan tempat, lanjutnya.

Dikatakan Jarot, kawasan Stadion Baning merupakan kompleks olahraga yang lebih canggih dari Pontianak.

“sarana olahraga disini lebih canggih dari Pontianak, di Sintang ini ada Padepokan untuk pencak silat, ada Indoor yang luas dan bagus, kemudian juga kita ada Gedung Kesenian, UMKM juga biasa menyelenggarakan pameran setiap tahunnya, sehingga zonasi ini penting bagi kita, sampai kapanpun kompleks ini adalah kompleks olahraga di Kabupaten sintang”, ujarnya.

Jarot berharap, agar kedepannya kawasan olahraga Stadion Baning Sintang ini merupakan milik semua masyarakat.

“mudah-mudahan dengan ditandai zonasi ini di Sintang maka kompleks olahraga ini milik semua masyarakat, baik itu orang tua, anak muda, olahragawan, pekerja seni, pelaku UMKM, sehingga kedepannya Sintang siap untuk jadi Ibukota Provinsi Kapuas Raya”,harap Jarot.

Sementara itu, Ketua KONI Sintang, CHomain Wahab menjelaskan tujuan daripada dibangunnya papan iklan (billboard) milik KONI Sintang.

“pertama kita ingin menandakan bahwa ini merupakan gerbang pintu masuk kompleks olahraga yang ada di SIntang, yang kedua merupakan sarana untuk promosi dan publikasi bagi seluruh cabang olahraga di Sintang, yang ketiga merupakan sebuah pemacu motivasi kepada atlet yang ada di Sintang”, jelas Chomain.

Chomain menambahkan bahwa dengan dibangunnya billboard ini maka penggunannya boleh siapa saja.

“nantinya billboard ini bisa dipakai oleh seluruh Pengurus Cabang Olahraga, apabila ada kegiatan Kejurda mau dipakai untuk promosi silahkan dan gratis, kemudian Ormas, Organisasi KEagamaan, Instansi Pemerintahan, Instansi Vertikal, itu silahkan pakai gratis, bahkan pihak ketiga pun boleh menggunakannya tetapi tidak gratis, harus berbayar karena untuk retribusi pendapatan daerah”, tambahnya.

Masih kata CHomain, terkait dengan pembangunan sirkuit road race Sintang, “dulu waktu Pak Jarot masih menjabat jadi Wakil Bupati pada tahun 2005 itu, telah dibangun Sirkuit Road Race di Sintang, akhirnya menorehkan atlet-atlet balap motor yang handal dan disegani oleh atlet seluruh Kalbar, mudah-mudahan dengan sirkuit road Race baning yang akan kita bangun kembali ini akan menghasilkan atlet balap motor yang handal untuk ditingkat daerah dan nasional, dan juga sirkuit road race ini sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan hobby balap anak muda Sintang”, jelasnya.

Pembangunan KONI Fitnes, sambung Chomain, itu sangat dibutuhkan oleh para atlet-atlet untuk membentuk badannya, “setiap cabang olahraga tentu membutuhkan yang namanya body building, apapun atletnya dia butuh olahraga fitness, kalau seluruh atlet kita membutuhkan fitness yang berbayar, pasti minatnya berkurang, maka dari itu KONI Sintang membangun fitness center yang gratis tanpa dipungut biaya, dan juga bisa digunakan untuk seluruh masyarakat yang olahraga di kawasan stadion baning SIntang, nanti kalau mau fitness silahkan mampir di KONI Fitness”, ungkapnya.

Ketua KONI Provinsi Kalimantan Barat, Fachrudin D. Siregar memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Sintang yang telah memperhatikan kondisi olahraga di Sintang.

“saya ucapkan terimakasih kepada Bupati Sintang yang sangat-sangat mendukung pembangunan sarana dan prasarana olahraga di Kabupaten Sintang, karena sampai saat ini hanya Sintang yang masih terus membangun sarana olahraga, saya yakin, SIntang pasti akan lebih baik prestasinya kalau didukung seperti ini terus”, ucapnya.

Ketua KONI Provinsi Kalimantan Barat memberikan apresiasi kepada atlet dari Sintang, ini luar biasa atletnya, 2021 akan di selenggarakan Pekan Olahraga NAsional (PON) di Papua, dan Sintang mewakili Kalimantan Barat dengan mengirimkan atlet paling banyak diantara Kabupaten/Kota di Kalbar, yakni sebanyak 4 Atlet, yang terdiri dari 3 cabang olahraga Anggar dan 1 Cabang olahraga Panahan”, tambahnya. (Wr)