Jaga Kamtibmas, Polisi Melawi Tingkatkan Patroli

MELAWI, KN – Sat Sabhara Polres Melawi terus menggencarkan pelaksanaan patroli dialogis dengan menyasar objek vital serta permukiman warga.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K. melalui Kasat Sabhara AKP Markus, S.Sos. menyampaikan patroli dialogis yang dilakukan dengan sepeda motor dinas itu dilakukan sebagai bentuk upaya antisipasi terjadinya gangguan kamtibmas di wilayahnya.

“Ini juga supaya warga tetap merasa aman dan nyaman saat melakukan aktivitas dengan adanya kehadiran personel kami di tengah masyarakat,” jelas Markus saat dihubungi awak media, Rabu (27/7/2022).

Ditambahkannya, dengan melakukan patroli dialogis itu, pihaknya juga dapat menerima informasi terkait situasi kamtibmas yang berkembang saat ini sehingga dapat segera ditindak lanjuti apabila ada hal-hal yang menonjol dan perlu tindakan kepolisian.

“Dari informasi yang kami terima saat patroli, saat ini situasi kamtibmas di wilayah kita masih aman dan kondusif. Tentu ini juga berkat peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan lingkungannya,”, lanjutnya.

Markus pun berharap agar hal tersebut dapat terus dipertahankan dan ditingkatkan mengingat menjaga situasi kamtibmas yang aman dan kondusif bukan hanya tugas Polri, melainkan tanggung jawab seluruh pihak.

“Keamanan ini kan kebutuhan, jadi mulai dari individu per individu untuk menjaga keamanan dirinya masing-masing. Baru ke lingkungan, masyarakat dan skala lebih luas lagi,” tambahnya.

Markus pun menyebut pihaknya selalu siap untuk dihubungi dan menindaklanjuti apabila warga menemukan adanya gangguan kamtibmas di sekitarnya atau hal lain yang perlu tindakan kepolisian.

“Kalau memang ada menemukan yang mencurigakan, indikasi ke arah gangguan keamanan atau bahkan tindak pidana, jangan ragu untuk melaporkannya kepada kami,” pungkasnya. (*)