Kamil, Pupuk Subsidi di Sekadau Tidak Langka

oleh

SEKADAU – Beberapa waktu lalu beberapa media online memuat berita bahwa, diduga pupuk subsidi langka di Kabupaten Sekadau.

Untuk mengklarifikasi hal ini, Kamilson, SP Kasi pupuk pestisida dan mesin pertanian Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sekadau katakan bahwa, “Pupuk di Sekadau tidak langka,” ujarnya.

“Suplay pupuk subsidi ini kan perlu prosedur misalnya, bulan ini dikeluarkan sekian, bulan depan dikeluarkan sekian juga, disuplay kemana dan kuotanya memang dari pusat sudah dibatasi,” kata Kamil saat ditemui disalah satu gudang distibutor pupuk subsidi di Sekadau, Selasa (13/3/18).

Kamil menambahkan, untuk kuota Kabupaten Sekadau kalau dilihat dari luas lahan yang ada, harusnya kurang lebih 15 000 ton, sementara kuota pupuk Kabupaten Sekadau tahun 2018 ini baru 2000 ton jenis NPK Ponska,” terangnya.

Kemudian, kelompok tani yang mendapatkan pupuk juga ada kriteria dan harus menyusun RDKK atau kelompok taninya yang aktf.

“Atau kelompok tani yang terdaftar di Dinas Kabupaten, Provinsi dan terdaftar di Kementrian serta yang aktif menyusun RDKK,” paparnya. (AS /KN)