Lagi-Lagi, Kasus Terkonfirmasi Positif Covid-19 di Sekadau Bertambah 3 Orang

oleh
Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau Rupinus didampingi Wakil Ketua Gugus Tugas, Aloysius, Juru bicara Gugus Tugas, Henry Alpius dan Asisten 1 Pemerintahan Fendy mengumumkan 3 penambahan kasus baru terkonfirmasi positif covid-19 di Sekadau.

SEKADAU, KN – Ketua Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Sekadau, Rupinus didampingi Wakil Ketua Gugus Tugas, Aloysius, Juru bicara Gugus Tugas, Henry Alpius dan Asisten 1 Pemerintahan Fendy mengumumkan 3 penambahan kasus baru terkonfirmasi positif covid-19 di Sekadau.

Dalam konferensi persnya, Rabu (17/6/2020) pagi, kepada wartawan, Rupinus yang juga Bupati Sekadau menerangkan, 3 penambahan terkonfirmasi baru positif covid-19 tersebut berdasarkan hasil pemeriksaan Swab melalui Polymerase Chain Reaction (RT PCR) Metode Real Time oleh Laboratorium Rumah Sakit Untan Pontianak yang diterima Dinkes PP dan KB Kabupaten Sekadau pada, Selasa (16/6/2020).

“Tiga pasien yang dinyatakan positif Covid-19 tersebut yakni, kasus 08 laki-laki umur 14 tahun warga SP 5 Melanjan Kecamatan Belitang Hilir, kasus 09 laki-laki umur 14 tahun warga Tapang Pulau Kecamatan Belitang Hilir, merupakan cluster anak Santri Pesantren Pal. 4 Jalan Sintang yang kontak erat dengan jamaah Kuala Lumpur dan kasus 10 perempuan umur 45 tahun warga Balai Sepuak, Kecamatan Belitang Hulu merupakan ASN/pegawai di Puskesmas,” beber Rupinus.

Rupinus menjelaskan bahwa 3 orang tersebut diatas merupakan orang tanpa gejala (OTG) dan mereka sudah melaksanakan isolasi mandiri secara ketat sejak tanggal 14 Mei dan 29 Mei setelah diketahui hasil rapid test mereka reaktif. Kemudian dilanjutkan pengambilan sampel swab pada tanggal 4-5 Juni 2020.

“Sedangkan, Ny. L umur 31 tahun yang merupakan ODP warga Landau Kodah, Kecamatan Sekadau Hilir dinyatakan negatif Covid-19,” kata Rupinus.

Terhadap kasus 08, kasus 09 dan kasus 10, Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten melalui Dinkes PP dan KB akan melakukan penjemputan untuk di isolasi dan pemantauan secara ketat di rumah singgah isolasi yang disiapkan oleh pemerintah Kabupaten Sekadau dan secepatnya melakukan tracing kontak cepat untuk memutus mata rantai penularan.

Dengan penambahan 3 kasus baru, maka kasus terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Sekadau menjadi 6 orang. (red/ASM/DD)