Melkianus: Tahun 2023 Sektor Pendidikan Jadi Skala Prioritas

oleh
oleh
Wakil Bupati Sintang, Melkianus.

SINTANG, KN – Wakil Bupati Sintang, Melkianus mengungkapkan bahwa pada tahun 2023 sektor pendidikan yang akan dijadikan skala prioritas dalam pembangunan.

“Mengenai anggaran, tahun 2023 ada perubahan yang besar secara khusus bidang pendidikan,” kata Melkianus saat membuka  kegiatan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan  Sintang, Selasa, 07 Februari 2023.

Ia mengatakan, Pemerintah pusat mengatur agar pendidikan dijadikan skala prioritas. Oleh karenanya Kepala desa dan lurah yang ada di kecamatan Sintang, segera sampaikan usulan kegiatan pada bidang pendidikan untuk tahun 2023.

“Ada 3 OPD yang akan mendapatkan tambahan dana, yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Porapar dan Dinas Perpustakaan dan Kearsipan. Itu perintah dari pusat. Harapannya dunia pendidikan akan semakin baik di masa depan,” harapnya.

Ia menyampaikan terima kasih kepada jajaran pemerintah Provinsi Kalimantan Barat yang akan membantu pembangunan infrastruktur di Kabupaten Sintang, tetapi anggaran untuk infrastruktur malah kecil di tahun 2023 ini.

“Dinas PU saja hanya ada 76 miliar, Dinas Kesehatan 40 miliar tetapi Dinas Pendidikan mencapai 147 miliar. Maka saya mengingatkan, karena kita tahun ini memfokuskan pada bidang pendidikan, maka akan ada anggaran kegiatan di OPD lain akan digeser ke Dinas Pendidikan,” jelasnya.

Soal pengawasan, dia mau mengingatkan kades dan lurah, agar anggaran dapat digunakan dengan baik dan benar.

“Saya baru 5 bulan menjadi Wakil Bupati Sintang yang bertindak dalam hal pengawasan. Kades dan lurah, gunakan anggaran yang baik, benar dan sesuai aturan yang ada,” pesannya.

Ia meminta laksanakan kegiatan sesuai aturan, sehingga bisa berjalan dengan baik. “Saya selalu menerima laporan soal penggunaan anggaran di desa. Saya mau kita ini bisa bekerja dengan baik, makan tidur pun enak,” pungkasnya.

Sumber: Rilis Prokopim