Meriahkan HUT TNI Ke- 75, Pjs Bupati Sintang Lepas Kegiatan Gowes Menuju Melawi

oleh
Pjs Bupati Sintang, Florentinus Anum Lepas Kegiatan Gowes HUT TNI Ke 75 di Simpang Pinoh

SINTANG, KN – Penjabat Sementara (Pjs) Bupati Sintang Ir. Florentinus Anum, M. Si melepas pelaksanaan olahraga bersepeda dalam rangka perayaan Hari Ulang Tahun Tentara Nasional Indonesia yang ke 75 di Simpang Pinoh pada Kamis, (8/10/2020).

Pjs Bupati Sintang Ir. Florentinus Anum, M. Si mengucapkan selamat hari ulang tahun TNI ke 75 kepada seluruh anggota TNI yang bertugas di Kabupaten Sintang.

“saya sangat mengapresiasi kegiatan ini karena dapat dijadikan sarana untuk mengikat tali silaturahmi. Selain itu untuk memperkenalkan sepeda sebagai sarana dan alat transportasi yang paling baik untuk lingkungan, serta memelihara kesehatan masyarakat” terang Florentinus Anum.

Selain itu kata Anum, olahraga sangat penting untuk menjaga imun dalam tubuh. Jika imun terjaga, kemungkinan untuk terjangkit covid-19 sangat kecil. Namun protokol kesehatan tetap harus dijalankan. Kegiatan gowes ini merupakan momentum yang bisa kita jadikan untuk memperkuat kebersamaan antara rakyat bersama TNI dan pemerintah.

“Kita ketahui bersama, bersepeda itu merupakan salah satu olah raga yang sangat murah namun sangat bermanfaat bagi tubuh kita, karena seluruh tubuh kita ikut bergerak baik secara fisik maupun mental. Saya berharap kegiatan ini berjalan lancar dan TNI selalu jaya” terang Anum.

Danrem 121/Abw Brigjen TNI Ronny, S.A.P menjelaskan bahwa gowes ini dilakukan untuk memperingati HUT TNI yang ke 75 Tahun 2020.

“ini dalam ranga menangkal covid-19 juga. Karena jika kita rajin berolahraga secara teratur, maka daya tahan tubuh akan lebih kuat untuk mencegah virus dan penyakit. Itu seharusnya bisa memotivasi kita untuk berolahraga setiap hari yang bisa dilakukan dengan cara jalan kaki atau bersepeda” terang Danrem.

Selain itu kata Danrem, kita juga akan melakukan kegiatan bakti sosial di Desa Laman Mumbung Menukung, Kabupaten Melawi. Kita akan menyerahkan bibit kopi liberika sebanyak 11.600 batang. Untuk ditanam oleh masyarakat disana. Harapan kami ada pola pertanian menetap disana. Tidak membakar lahan dan mengurangi kabut asap di Kalimantan Barat” Harap Danrem.

Lanjut Danrem, kopi Liberika berasal dari Liberia Afrika Barat dan masuk ke Indonesia sekitar abad ke 19. Saat itu kopi liberika didatangkan untuk mengganti arabika yang saat itu terkena hama” terang Danrem.

Tampak sebagai peserta GOWES adalah Danrem 121/Abw, Brigjen TNI Ronny,S.A.P, Kasrem 121/Abw Kolonel Kav. Aloysius Nugroho Santoso, Dandim 1205 Sintang Letkol Inf Eko Bintara Saktiawan, anggota TNI dan masyarakat umum.

Sebanyak 45 peserta akan menempuh rute Simpang Pinoh menuju Betang Desa Nobal untuk isitirahat. Dan finish di Koramil Pemuar Kabupaten Melawi dengan total jarak tempuh sekitar 49 KM. Di Koramil Pemuar, pihak panitia sudah menyiapkan doorprize. Sebelum berangkat, seluruh peserta di cek kesehatannya oleh tim medis dan melakukan gerakan pemanasan. (Hms/SS)