Pembukaan dan Pawai BKSN 2019 Kabupaten Sekadau

oleh

SEKADAU, KN – Bulan Kitab Suci Nasional (BKSN) 2019 Kabupaten Sekadau digelar. BKSN yang terpusat di rumah Betang Youth Center Jalan Panglima Naga Komplek Pasar Baru Sekadau dibuka oleh Keuskupan Sanggau, Mgr. Julius Mencuccini, Senin (23/9).

Bulan Kitab Suci Nasional 2019 ini dengan Tema “Mewartakan kabar baik ditengah krisis lingkungan hidup”.

Sambutan Bupati Sekadau, Rupinus mengatakan, makna BKSN ini jangan hanya habis disini saja. “Sesuai dengan tema diatas, mari kita jaga lingkungan ini,” ajaknya.

Bupati Sekadau Rupinus menyampaikan apresiasi atas kegiatan BKSN tahun ini. “Terimakash kepada panitia yang sudah melaksanakan kegiatan ini dengan baik.
Terimakasih kepada semua yang terlibat, kepada Pastor Paroki, Suster, Prater dan juva pihak keamanan.

“Kegiatan ini dilakukan setiap tahun. Semoga kedepan lebih baik lagi,” harapnya.

Bupati mengingatkan agar umat Katolik rajin membaca Alkitab itu, bukan hanya memiliki saja. “Implementasi kan kitab suci setiap hari. Itu yang penting. Mari kita amalkan Kitab suci yang ada pada agama kita,” ajaknya.

Sambutan Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr Julius Mencuccini yang sekaligus membuka kegiatan BKSN dan Pusparani secara simbolis mengatakan, tujuan BKSN ini agar seluruh umat Katolik memikiki buku Kitab suci, membaca kitab suci karna didalamnya kita mendapat sabda Tuhan dan
tujuannya menghormati serta mengamati Kitab suci.

“Kitab suci adalah sarana untuk berjumpa dengan Tuhan secara pribadi dan bersama-sama sebagai umat Allah,” kata Uskup.

Uskup berujar, tahun ini perayaan BKSN dan Pusparani digabungkan bersama. Tahun ini juga pawai BKSN sangat luar biasa dan khusus karna kita semua memakai tanda kemenangan yaitu Salib.

“Semoga kita mampu mendalami makna dari ekologis yang ada didalam kitab suci,” tutupnya.

Usai menyampaikan kata sambutannya, Uskup Mgr. Julius Mencuccini dan Bupati Sekadau, Rupinus membuka perayaan BKSN ditandai dengan pemukulan gong didampingi oleh Wakil Bupati Sekadau, Aloysius, Ketua DPRD Kabupaten Sekadau beserta jajarannya, Sekda Kabupaten Sekadau, Kapolres Sekadau, Kejari Sekadau, Kepala SKPD, Danramil, Pastor Paroki, Ketua TP PKK dan Wakil ketua. Selanjutnya dilakukan pelepasan balon oleh Bupati Sekadau dan Wakil Bupati Sekadau.

Acara terakhir yakni pelepasan ribuan peserta pawai BKSN oleh Bupati Sekadau, Rupinus dan Uskup Keuskupan Sanggau Mgr. Julius Mencuccini. (As)