Peringati Hari Sampah Nasional 2018 Bupati Rupinus Himbau Jaga Kebersihan

oleh

SEKADAU – Dalam rangka memperingati Hari Sampah Nasional, Dinas Lingkungan Hidup (LH) adakan kegiatan Kerja Bersama untuk Peningkatan Penanganan Sampah yang kegiatannya dihadiri dan dibuka oleh Bupati Sekadau Rupinus, SH, M.Si di Pasar Baru Sekadau, Jumat (20/4/18) pagi.

Mengawali kegiatan ini, sambutan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (LH) Kabupaten Sekadau dr. Wirdan Mahzumi, katakan menurut statistik, Indonesia penyumbang sampah terbanyak terutama sampai plastik.

Ia katakan, di Kabupaten Sekadau dalam satu hari sampah mencapai 10 ton. Disampaikannya juga bahwa di Dinasnya (LH) Bagian Kebersihan masih kekurangan personil. “Terimakasih atas bantuan Pemkab Sekadau atas penambahan armada kami 1 (unit) Dum Truk angkutan sampah, namun kami juga masih kekurangan personil dilapangan,” ucap Wirdan.

Sambutan Bupati Sekadau Rupinus, ia katakan memperingati Hari Sampah Nasional adalah Tiga Bulan Bersih sampah (TBBS) dengan Tema,” Sayangi Bumi, Bersihkan dari Sampah” Namun, kata dia, bukan hanya tiga bulan saja tetapi untuk seterusnya.

Selain itu Bupati Rupinus juga katakan bahwa menangani sampah bukanlah hal yang mudah,
semakin meningkatnya penduduk dibarengi dengan semakin tingginya tingkat konsumsi tidak sebanding dengan kesediaan TPA (Tempat Pembuangan Akhir).

“Jumlah petugas kebersihan juga masih terbatas, fasilitas pendukung pengelolaan sampah juga masih minim, konsef pengelolaan sampah masih konvensional serta rendahnya keaktifan masyarakat dalam mematuhi ketentuan pembuangan sampah,” paparnya.

Menyikapi permasalahan sampah tersebut Pemkab Sekadau telah menetapkan Perda nomor 8 tahun 2012 tentang ketertiban umum yang didalammya diatur tentang tertib kebersihan. Selain itu, berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkab Sekadau terkait permasalahan sampah diantaranya, melakukan pembinaan pengelolaan sampah rumah tangga melalui sosialisai penyediaan sarana dan prasarana. Penyediaan sarana tersebut meliputi, Truk sampah, Box troll termasuk tong-tong sampah.

“Kita juga berupaya untuk menyadarkan masyarakat tentang penanganan sampah dan kebersihan. Ada dikenakan iuran untuk gaji petugas kebersihan dilapangan dan untuk pemeliharaan alat dan operasional,” tuturnya.

Bupati Rupinus menghimbau supaya semua petugas kebersihan dilapangan supaya masuk BPJS. “Mari kita sama-sama mulai dari diri kita sendiri sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan,” ucapnya.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekda Kabupaten Sekadau, H Zakaria Umar, Unsur Forkopimda, Kepala SKPD, Camat Sekadau Hilir/mewakili, Kapolsek Sekadau Hilir Iptu Masdar, DANRAMIL /mewakili, Kepala Desa Mungguk dan Undangan Lainnya. (AS /KN)