Peringati HUT RI dan Hari Ikan Nasional ke 17, PKK Gelar Lomba Masak Serba Ikan

oleh

MELAWI, KN-Memperingati hari ikan Nasional ke 17 dan memperingati HUT RI ke 74, Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Melawi menggelar lomba memasak, dengan berbahan dasar serba ikan di tingkat Kabupaten Melawi, Rabu (21/8) Peserta dalam kegiatan tersebut, kader PKK kecamatan se Kabupaten Melawi dan pelajar Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) DI Nanga Pinoh.
Terlihat berbagai jenis olahan masakan dari berbagai jenis ikan, hasil kreatifitas tangan-tangan lembut kaum hawa. Mulai dari awan ika nila, sop nila cabe, perkedel ikan nila, ladu nila, rendang ikan nila, kolak ikan hingga kudepan ikan.

Ketua TP PKK Melawi, Hj Nurbetty Eka Mulyastri Panji mengatakan, kegiatan ini dilaksanakan untuk mengasan kreatifitas para kader PKK dan para pelajar dalam memasak ikan. “Mengapa bahan dasarnya ikan, karena sesuai tema yakni memperingati hari ikan Nasional ke 17. Juga karena ikan ini mengandung banyak sekali protein,” Katanya.
Menurutnya, masakan berbahan jenis ikan sangat banyak sekali. Memasak ikan juga harus memiliki skil dan keahlian tersendiri, karena cukup banyak tantangan ya. Seperti harus memisahkan tulang dari dagingnya sebelum di masak. “Mudah-mudahan dengan diadakannya kegiatan ini bisa meningkatkan kreatifitas memasak bagi ibu-ibu dan para pelajar,” ungkapnya.
Kedepannya, Wanita yang akrab disapa Astrid itu berencana akan melaksanakan lomba memasak ikan bagi para pelajar wanita mulai dari tingkat dini serta tingkat lanjut. “Mengingat anak usia dini serta pelajar ini mesti tau memasak,” paparnya. (ed/KN)