PKK Sekadau Kunjungi Kebun Binaan PKK Kota Pontianak

oleh

SEKADAU – Ketua Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Sekadau Ny. Kristina Rupinus, S.Pd,M.Si bersama pengurus PKK Kabupaten Sekadau mengunjungi kebun binaan milik PKK Kota Pontianak pada Sabtu 19 Mei 2018 pekan kemarin.

Kunjungan Ketua dan sejumlah pengurus TP PKK Kabupaten Sekadau ini disambut langsung oleh Penjabat sementara (Pjs) Wali Kota Pontianak Dra. Mahmuda dan Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak Bintoro.

Hadir juga dalam kunjungan tersebut, Camat Kecamatan Pontianak Utara , Ketua TP PKK Kota Pontianak dan TP PKK Kecamatan serta Kepala Sekolah Kejuruan Kota Pontianak, Bambang.

Ketua TP PKK Kabupaten Sekadau Ny. Kristina Rupinus menjelaskan, adapun tujuan kunjungan yang dilakukan oleh jajaran pengurus PKK Kabupaten Sekadau ke kebun binaan PKK Kota Pontianak ini adalah sebagai sarana pembelejaran bagi pengurus PKK Kabupaten Sekadau dalam mengola, menata, menanam, merawat tanaman sehinga bisa mencapai hasil yang baik dan maksimal.

Dalam kunjungan ini, kita bincang-bincang langsung dengan Pjs. Walikota Pontianak ibu Dra Mahmudah, Kadis Ketahanan Oangan,Pertanian dan Perikanan Kota Pontianak Bintoro. Bincang-bincang ini seputar masalah kebun binaan milik PKK Kota Pontianak.

PKK Sekadau ingin belajar tentang bagaimana cara mengolah kebun,menata, menanam,merawat tanaman sehing bisa berhasil. Seperti kita ketahui, Sekada juga punya potensi, tanahnya subur dan punya peluang tapi belum bisa kita olah. Kita tau, di Pontianak tanahnya gambut tingkat keasaman tanah begitu tinggi  tapi mereka bisa mengolah lahannya dengan baik, tanamannya subur.

Dari hasil bincang-bincang dengan ibu Pjs. Walikota dan Kadis Ketahanan Pangan Kota Pontianak, ternyata di kota Pontianak kerja sama PKK dgn dinas terkait,kelompok tani,sekolah kejuruannya yg luar biasa.

“Mudah-mudahan dengan informasi/pengetahuan yang kita dapat nantinya bisa kita realisasikan di tempat kita dan mohon dukungan juga tentunya dari SKPD terkait di lingkungan Kabupaten Sekadau,” tutur Ibu yang pernah berporfesi tenaga pendidik ini.

Menurut Kristina, kebun kolektif binaan PKK Kota Pontianak menjadi kebun percontohan dan menjadi sasaran pembelajaran dari beberapa Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat karena  mensinergikan seluruh stakeholder terkait mulai dari SKPD terkait, TP. PKK Kota, TP PKK Kecamatan sampai pada TP PKK Desa dan kelompok tani. Masing-masing mengintervensi kebun tersebut sesuai dengan tugas dan fungsinya.

Misalnya, PU membangun infrastruktur berupa rabat beton, pertanian melalui Gapoktan turun langsung secara teknis mulai dari menanam dan perawatan dan TP PKK serta stake holder lain nya bekerjasama secara intensif sehingga kebun tersebut berhasil, baik produksi maupun pemasarannya,” paparnya.

“Ada banyak hal menarik yang kita jumpai, yang kita dapat selama kunjungan bersama PKK Kota Pontianak ini. Semoga pembelajaran yang indah dan luar biasa ini bisa kita aplikasikan secara perlahan di Kabupaten Sekadau,”ucapnya.

Sekali lagi terima kasih kami ucapkan kepada Pjs. Wali Kota Pontianak dan seluruh jajaran PKK Kota Pontianak yang telah menerima kami dengan ramah atas kunjungan PKK Kabupaten Sekadau,” tutur ibu yang yang pernah berprofesi sebagai guru ini.

Sebelumnya Tim Penggerak PKK Kabupaten Sekadau juga pernah melakukan study banding (pembelajaran) ke Tim Penggerak PKK Wonosobo Jawa Tengah yang dimulai dari tanggal, 14 – 17 September 2017.

Tujuan Kunjungan PKK Kabupaten Sekadau di PKK Wonosobo saat itu yakni ingin bersilaturahmi, belajar, bertukar pikiran, pengalaman dan membuka wawasan untuk pengembangan organisasi PKK secara lebih baik dan memberikan manfaat kepada masyarakat Kabupaten Sekadau khususnya.
(Tono/Hms).