Polres Melawi, Briefing Pagi Operasi Bina Karuna

oleh

MELAWI, KN – Dalam rangka menyatukan persepsi saat pelaksanaan tugas selama “Operasi Bina Karuna Kapuas 2020” bergulir, Polres Melawi melakukan briefing pagi sebelum menggelar kegiatan dilapangan, Kamis (16/7/2020) pagi.

Dalam kegiatan briefing pagi ini, Dipimpin Kapusdalops Bina Karuna (Kasat Binmas) Iptu Haryono dihadiri Karendalops Bina Karuna (Kabag Ops) Kompol Dedy F. Siregar, S.I.P., M.A.P dan Perangkat Operasi serta Personil yang terlibat.

Kegiatan Briefing pagi yang dilaksanakan setiap harinya ini, membahas tentang perkembangan situasi terkini titik hotspot (titik api) yang ada di Wilayah Hukum Polres Melawi.

Kapusdalops Bina Karuna Iptu Haryono menekan beberapa hal diantaranya agar Personil yang terlibat dalam Operasi melakukan pemantauan serius terhadap titik hotspot, mendatangi TKP dengan maksimal serta melakukan pemadaman jika terjadi kebakaran.

“Sesuai penekanan Kapolres, agar Operasi ini dilakukan dengan maksimal. Dengan meningkatkan kegiatan dibeberapa Satgas yang ada dalam Operasi ini,” ungkapnya.

“Banjir telah usai, Mari kita berfokus pada pencegahan kebakaran hutan dan lahan. Perlu kita ingat bencana asap ini tidak kalah dengan bencana-bencana lainnya. Mudah-mudahan dengan kita melakukan kegiatan secara massif, Karhutla di Kabupaten Melawi dapat diminimalisir. Memang masalah kebakaran hutan dan lahan ini tidak dapat dinihilkan, Selain berhubungan dengan kebiasaan masyarakat bercocok tanam, Karhutla ini terjadi juga karena faktor alam. Namun jika kita lakukan kegiatan secara berkelanjutan memberikan pemahaman dan mengajak masyarakat untuk bersama-sama menjaga alam dari kebakaran, Maka bencana asap dapat kita hindarkan,” tegasnya.

Selain itu, Kapusdalops Iptu Haryono menyebutkan Anggota yang terlibat dalam Operasi, Agar berkoordinasi dengan pihak perusahaan untuk memfasilitasi penanggulangan karhutla diperkebunan yang dimilikinya, dengan membuat embung air dan menyiapkan sarana prasarana pemadam kebakaran. Selanjutnya, Saling bersinergi dengan instansi terkait di Kabupaten Melawi, Dan melakukan penggalangan tokoh-tokoh masyarakat untuk mendukung kegiatan Kepolisian khususnya dalam hal penanggulangan karhutla ini. (Okt)