Polres Melawi Gandeng Pemda Gelar Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan

oleh

MELAWI, KN – Kepolisian Resort Melawi Jajaran Polda Kalbar bersama Dinas Pendidikan Kabupaten Melawi menggelar kegiatan cerdas cermat wawasan kebangsaan tingkat SD, SMP dan SMA Sederajat.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka menyemarakkan Hari Bhayangkara Ke-76 di Satwil Polres Melawi, Rabu (22/6/2022).

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K, Bupati Melawi diwakili oleh Sekda, LO Kodim 1205/Stg, Wakapolres Melawi, Kepala DPMD Kabupaten Melawi, Kadis Pendidikan Kabupaten Melawi, Perwakilan Bhayangkari Cabang Melawi, para Kepala Sekolah dan guru-guru pendamping peserta lomba, para juri dan peserta lomba cerdas cermat yang berjumlah 45 peserta.

Adapun sekolah yang berpartisipasi dalam kegiatan ini yaitu tingkat sekolah dasar (SD) SDN 03 Nanga Pinoh, SDN 06 Nanga Pinoh, SDN 13 Nanga Pinoh, SD Muhammadiyah Nanga Pinoh dan SD Islam Terpadu Insan Kamil Nanga Pinoh. Sedangkan tingkat SMP yaitu SMPN 01 Nanga Pinoh, SMPN 02 Nanga Pinoh, SMPN 07 Nanga Pinoh, SMP Kristen Immanuel Nanga Pinoh dan MTs N Nanga Pinoh.

Tingkat SMA/SMK yaitu SMAN 01 Belimbing, SMAN 01 Nanga Pinoh, SMA Santa Maria Nanga Pinoh, SMKN 01 Nanga Pinoh dan Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Nanga Pinoh.

Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K dalam sambutannya menyampaikan ucapan terimakasihnya dan apresiasi kepada Pemerintah Kabupaten Melawi khususnya Dinas Pendidikan yang telah memfasilitasi tempat, panitia dan lain sebagainya dalam kegiatan lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan dalam rangka menyemarakkan Hari Bhayangkara Ke-76.

“Terima kasih kepada bapak, ibu dan adik-adik yang sudah hadir dalam kegiatan lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan ini,” tuturnya.

Lanjutnya, tujuan dilaksanakannya lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan ini yaitu untuk meningkatkan wawasan kebangsaan kepada generasi muda agar lebih memahami Pancasila dan UUD 1945.

Kapolres pun berharap generasi penerus Bangsa agar memiliki jiwa dan wawasan kebangsaan yang kuat, serta memahami dan mengerti arti nilai-nilai luhur Pancasila, adat istiadat maupun UUD 1945 dan memiliki jiwa toleransi antar umat beragama serta kecintaan terhadap NKRI.

“Nilai-nilai Kebangsaan, nilai-nilai luhur Pancasila dan kecintaan terhadap NKRI ini harus terus kita berikan kepada generasi muda Bangsa ini. Kedepannya, mereka-mereka inilah pemimpin dimasa depan Bangsa dan Negara ini. Oleh sebab itu, harus ditanamkan sejak dini nilai-nilai wawasan kebangsaan ini kepada para pelajar baik tingkat SD, SMP dan SMA sederajat di Kabupaten Melawi melalui kegiatan cerdas cermat ini,” tuntasnya.

Sementara itu, Sekda Kabupaten Melawi Drs. Paulus menyampaikan apresiasinya kepada Polres Melawi yang telah melaksanakan kegiatan perlombaan cerdas cermat dalam rangka memperingati Hari Bhayangkara Ke-76.

“Kegiatan positif seperti ini diharapkan berdampak langsung pada peserta didik untuk memacu semangat dan berkompetisi di sekolah dan diluar sekolah. Dimana tema yang diangkat juga sangat mendukung yaitu wawasan kebangsaan,” sampainya.

Lanjutnya, Saya berharap kegiatan ini dapat meningkatkan rasa nasionalisme, kesadaran berbangsa dan bernegara serta nilai-nilai patriotisme dikalangan pelajar di Kabupaten Melawi. Dan melalui kegiatan ini juga dapat meningkatkan pengetahuan dan kecintaan terhadap nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila, UUD 1945, bhinneka tunggal ika, dan NKRI serta memupuk rasa mental dan keberanian dikalangan pelajar untuk berkompetisi secara jujur dan sehat.

Paulus juga berharap kegiatan semacam ini dapat terus dilaksanakan guna menumbuhkembangkan minat, bakat, kreativitas dan lebih memotivasi membentuk untuk meningkatkan prestasi belajar.

Selanjutnya dilaksanakan dengan kegiatan inti yaitu lomba cerdas cermat yang diawali oleh tingkat sekolah dasar (SD) dengan estimasi waktu perlombaan selama 2 jam, dan selanjutnya perlombaan cerdas cermat tingkat SMP dan terakhir tingkat SMA sederajat dengan masing-masing estimasi waktu 2 jam.

Kegiatan yang dicanangkan selesai dalam satu hari ini, di nilai oleh 3 juri dari Dinas Pendidikan Kabupaten Melawi. Dan bagi pemenang lomba cerdas cermat ini sudah disiapkan piala penghargaan, sertifikat juara dan hadiah-hadiah menarik lainnya. (Okt)