Polres Melawi Lakukan Pengamanan Unjuk Rasa Petani Plasma PT. RKA

oleh

MELAWI, KN – Guna memastikan situasi berjalan dengan aman serta taat prokes, sebanyak 133 personel Polres Melawi yang dibantu oleh TNI dan Sat Pol PP melaksanakan pengamanan terhadap kegiatan unjuk rasa yang dilakukan oleh perwakilan masyarakat petani plasma PT. Rafi Kamijaya Abadi (RKA) di Kantor Bupati Melawi, Rabu (12/1/2022).

Kapolres Melawi, AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K. yang memimpin langsung pengamanan tersebut menjelaskan kegiatan pengamanan unjuk rasa tersebut merupakan bentuk pelayanan Polri kepada masyarakat yang ingin menyampaikan aspirasinya yang dilindungi oleh undang-undang.

Untuk itu, dalam pengamanan tersebut, Kapolres Melawi menegaskan kepada personelnya agar mengedepankan sikap humanis pada saat melaksanakan pengamanan.

“Tadi sudah disampaikan saat apel persiapan agar anggota yang bertugas memberikan pelayanan yang terbaik kepada suadara-saudara kita yang menyampaikan aspirasi. Hindari tindakan-tindakan yang sifatnya represif,” jelas Kapolres Melawi saat ditemui usai pengamanan tersebut.

Kapolres Melawi juga menjelaskan selain mengamankan pelaksanaan unjuk rasa tersebut, pihaknya juga mengantisipasi risiko terjadinya penularan covid-19 pada saat unjuk rasa.

“Karena ini masih pandemi, jadi kita antisipasi dengan memastikan massa yang datang taat prokes dengan menggunakan masker,” tuturnya.

Pihaknya pun menyampaikan apresiasi kepada massa unjuk rasa yang telah menjaga situasi tetap aman dan kondusif serta taat dengan prokes selama unjuk rasa tersebut berlangsung.

“Mulai dari keberangkatan, kemudian di sini (kantor bupati), dan saat audiensi di convention hall tadi semua berlangsung dengan aman, tertib dan kondusif, juga taat prokes. Kami sangat apresiasi massa ini, juga kepada seluruh personel yang terlibat, terima kasih telah mengamankan pelaksanaan unras hari ini,” pungkasnya. (Alf)