Polres Melawi Launching Gerai Vaksinasi Terapung

oleh

MELAWI, KN – Polres Melawi launching Gerai Vaksinasi Terapung di Darmaga penyeberangan Desa Kompas Raya, Kecamatan Pinoh Utara, Kabupaten Melawi gunakan speed boat Polres Melawi, Sabtu (25/9/2021).

Kegiatan tersebut dipimpin langsung oleh Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K didampangi Kabag Ops AKP Aang Permana dan Kapolsek Nanga Pinoh Iptu Bhakti Juni Ardhi beserta Anggotanya.

Kedatangan rombongan Kapolres Melawi di Darmaga Desa Kompas Raya, disambut langsung oleh Kades Kompas Raya Sahrani,  beserta masyarakat Desa Kompas Raya yang sudah memenuhi syarat untuk dilaksanakan vaksinasi Covid-19.

Kegiatan vaksinasi tersebut melibatkan vaksinator dari Puskesmas Manding, Kecamatan Pinoh Utara, Kabupaten Melawi dan Urkes Polres Melawi.

Dalam kesempatan tersebut Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K menyampaikan kegiatan vaksinasi tersebut sebagai upaya Polri dalam mendukung program vaksinasi nasional dalam mewujudkan kekebalan komunal atau herd immunity di Kabupaten Melawi.

“Gerai Vaksinasi Terapung ini dalam rangka mendukung program vaksinasi nasional dan pembentukan kekebalan komunal atau herd immunity. Kami memberikan pelayanan vaksinasi kepada masyarakat secara langsung, dengan mengunjungi masyarakat di pesisir Sungai Melawi ini yang akses masyarakat ke tempat Gerai Vaksinasi Presisi di Polsek Nanga Pinoh terkendala oleh akses hanya menggunakan tambang (perahu air) untuk menyeberang,” ungkapnya.

Lanjut Kapolres, sasaran Gerai Vaksinasi Terapung hari ini, sekitar 100 orang yang telah memenuhi syarat untuk dilakukan vaksinasi. Sasaran utamanya yaitu masyarakat pesisir sungai, masyarakat yang bekerja disektor jasa angkutan orang seperti perahu air ini.

“Kegiatan Gerai Vaksinasi Terapung ini, baru digelar secara perdana hari ini. Kedepannya akan terus kami laksanakan bekerjasama dengan para Nakes dan Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi dengan sasaran sama yaitu masyarakat di pesisir Sungai Melawi ini,” jelas Kapolres

Sementara itu, Kades Kompas Raya Sahrani mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Melawi dan Jajarannya serta para tenaga kesehatan (Nakes) dari Puskesmas Manding yang telah mengadakan kegiatan vaksinasi di Desanya.

“Terima kasih saya ucapkan kepada teman-teman dari Puskesmas dan Kapolres Melawi serta Jajarannya yang telah mengunjungi Desa kami secara langsung memberikan vaksinasi. Semoga kita segera merdeka dari Covid-19,” tuturnya.

Sahrani juga mengungkapkan baru pertama kali digelar vaksinasi Covid-19 di Desanya. Oleh sebab itu, ia sangat berterima kasih kepada Kapolres Melawi dan Jajarannya telah mengadakan kegiatan tersebut.

Kabag Ops AKP Aang Permana menambahkan, kegiatan Gerai Vaksinasi Terapung tersebut bekerjasama dengan berbagai Instansi terkait di Kabupaten Melawi seperti Dinas Kesehatan Kabupaten Melawi, Puskesmas Manding dan Pihak TNI.

“Masyarakat yang berada di aliran sungai ini memiliki waktu serta akses yang terbatas dalam memperoleh vaksinasi Covid-19. Oleh sebab itu, Polres Melawi menggelar gerai vaksinasi terapung di Desa Kompas Raya ini,” ungkapnya.

“Masyarakat di pesisir sungai ini, pekerjaannya sebagai jasa angkutan. Menyeberangkan masyarakat setiap harinya, mereka sangat rentan terpapar Covid-19 karena aktivitas yang selalu bersentuhan dengan masyarakat lainnya. Oleh sebab itu, Kami membuat inovasi terobosan kreatif yakni Gerai Vaksinasi Terapung ini, untuk memberikan pelayanan vaksinasi secara luas dan merata kepada masyarakat,” tuntasnya. (Okt)