Polres Melawi Siapkan Bhabinkamtibmas dan Nakes Dukung Vaksinasi Covid-19

oleh
oleh

MELAWI, KN – Kepala Kepolisian Resor Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K diwakili oleh Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana, S.E., M.M memimpin apel kesiapan Bhabinkamtibmas dan Tenaga Kesehatan (Nakes) sebagai tracer dan vaksinator covid-19, Kamis (11/2/2021).

Apel kesiapan bertempat di lapangan Bhayangkara Mapolres Melawi dihadiri Kabag Ops Polres Melawi AKP Aang Permana, S.I.P., M.A.P (sebagai penggas kegiatan bekerjasama dengan Satbinmas), Para PJU Polres Melawi, Para Kapolsek, Para Bhabinkamtibmas dan Urkes Polres Melawi serta Personil Polres Melawi.

Dalam Apel Kesiapan ini Wakapolres Melawi Kompol Agus Mulyana membacakan Amanat Kapolda Kalbar Irjen Pol DR. Sigid Tri Hardjanto, S.H., M.S.I.

Dalam rangka mendukung penanganan pandemi Covid-19, Polri Telah mengoptimalkan 52 Rumah Sakit Bhayangkara sebagai Rumah Sakit Rujukan Covid-19 di seluruh jajaran Polri, dengan kapasitas 2000 tempat tidur untuk isolasi Covid-19 dan 300 tempat tidur icu, selain itu Polri juga mempersiapkan lebih dari 6000 tempat tidur apabila sewaktu-waktu diperlukan, yang dilengkapi dengan peralatan yang memadai untuk menangani pasien sedang, berat dan kritis. selain itu, polri juga memiliki 27 alat PCR yang mampu melakukan testing hingga 5.000 sampel setiap harinya, yang memudahkan testing untuk dilakukan secara massif.

“Pada saat ini Indonesia telah memiliki sebanyak 19,5 juta vaksin dan juga didistribusikan ke dinas-dinas kesehatan baik pada Pemda tingkat provinsi maupun kabupaten/kota. serta telah dilaksanakan pengamanan baik penditribusian maupun penyimpanan. kebijakan vaksinasi Covid-19 yang akan dilaksanakan mulai awal tahun ini, membutuhkan tenaga kesehatan yang memiliki kemampuan untuk melaksanakan tugas sebagai vaksinator, sehingga guna mendukung hal tersebut, Polri menyiapkan tenaga kesehatan Polri yang juga akan bertugas sebagai vaksinator,” ucap Waka.

Lanjut Waka, Polri pada saat ini memiliki sebanyak 40.336 personel Bhabinkamtibmas yang tersebar di seluruh satwil, yang diharapkan akan mampu menjadi ujung tombak Polri sebagai tracer pada pelaksanaan vaksinasi covid-19 kepada masyarakat,” jelasnya.

dalam kesempatan tersebut wakapolres Melawi juga menyampaikan para Bhabinkamtibmas Polres Melawi senantiasa bersinergi dengan seluruh Babinsa serta seluruh petugas dinas kesehatan di wilayahnya masing-masing.

“Polri berkomitmen siap melaksanakan dan mengawal program vaksinasi nasional serta seluruh kebijakan pemerintah dalam rangka percepatan penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional,” pungkas Waka Polres. (Okt)