Rapat Persiapan Panitia PGD X Kabupaten Sekadau 2019

oleh

SEKADAU, KN – Panitia inti Pekan Gawai Dayak (PGD) ke-X Kabupaten Sekadau tahun 2019, adakan rapat terakhir dalam rangka pelaksanaan dan persiapan PGD yang dilaksanakan muklai tanggal 29 Juli-3 Agustus 2019. Rapat dilaksanakan di Rumah Betang Youth Center Jalan Panglima Naga, Komplek Pasar Baru Sekadau, Minggu (21/7/2019) malam.

Pekan Gawai Dayak ke-X Kabupaten Sekadau 2019 ini dengan Thema “Melalui Gawai Dayak X Kabupaten Sekadau tahun 2019, kita pererat persatuan dan kesatuan dalam pelestarian adat dan budaya dayak”.

Jenis seni pertunjukan yang di perlombakan yakni, Display Budaya (pawai dan karnaval), Devile DAD kecamatan, Festival tari dayak kreasi, Festival bujang dan dara gawai, Pop Singer lagu dayak kategori dewasa putra/putri, Lomba sastra lisan (dongeng), Fashion show anak.

Untuk permainan rakyat, seni dan kerajinan tradisional yakni, Lomba menganyam tikar, Pangkak gasing, Melukis perisai, Menumbuk dan menampik padi, Menyumpit, Lomba tengkuyung berambih. Selain itu, juga ada Eksebisi budaya (menampilkan warisan budaya leluhur masyarakat dayak) dan Lomba Stand pameran.

Ketua Umum Panitia PGD X Kabupaten Sekadau tahun 2019, Yohanes Anes mengatakan, rapat panitia pada malam ini adalah pemantapan didalam setiap koordinator/seksi berkaitan pelaksanaan PGD X Kabupaten Sekadau.

“Hari selasa (23/7) panitia inti PGD juga akan ada audiensi dengan pihak Polres Sekadau berkaitan dengan pelaksanaan PGD X Kabupaten Sekadau tahun 2019,” jelas Anes ditemui wartawan media ini usai rapat.

Sebelumnya kata Anes, panitia PGD juga ada rapat dengan Dewan Adat Dayak (DAD) dari 7 (tujuh) kecamatan yang ada di Kabupaten Sekadau. Ini juga dalam rangka persiapan PGD X 2019 ini.

“Supaya masing-masing kontingen DAD kecamatan mempersiapkan kontingennya dan mempersiapkan peserta perlombaan (masing-masing kategori) yang akan dilombakan pada PGD nanti,” paparnya.

Selaku Ketua Umum, Anes mengucapkan terimakasih kepada seluruh panitia PGD X 2019 Kabupaten Sekadau atas kerjasamanya dalam mempersiapkan PGD tahun ini.

“Semoga PGD X 2019 ini dapat terlaksana dengan baik. Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sekadau mari turut andil dan mari sama-sama mendukung PGD X tahun 2019 ini,” harap Anes. (As)