Rumpak Minta Masyarakat Sintang Menangkan Rakyat Jelata

oleh

SINTANG, KN – Sosoknya sudah sangat akrab di masyarakat Sintang. Dengan slogan ‘Rakyat Jelata’nya Yohanes Rumpak melenggang ke Gedung DPRD Provinsi Kalimantan Barat pada pemilihan umum tahun lalu dengan perolehan 56.007 suara.

Tak hanya sampai di situ, ia pun diangkat menjadi Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Kalimantan Barat dan Wakil ketua Komisi IV DPRD Propinsi Kalbar. Sebuah kepercayaan yang luar biasa dari partai terbesar di Indonesia itu.

Kali ini partai berlambang banteng dengan moncong putih tersebut kembali memberikan kepercayaan kepada beliau dengan menunjuk Rumpak untuk berlaga diajang pemilihan bupati dan wakil bupati Kabupaten Sintang.

Hal ini dituangkan dalam surat Dewan Pimpinan Pusat PDI Perjuangan nomor 1758/IN/DPP/VIII/2020, perihal rekomendasi, dan di tandatangani langsung oleh Ketua Bambang Wuryanto dan Sekjen Hasto Kristiyanto.

Pengumuman kepastian Yohanes Rumpak, SPd, MM sebagai calon bupati Sintang dan Drs Syarifuddin, MM sebagai calon Wakil Bupati Sintang telah dibacakan langsung oleh Ibu Puan Maharani di Jakarta, Selasa (11/08/2020).

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu ketua umum, Ibu Megawati Soekarno Putri atas kepercayaan yang sangat besar yang diberikan kepada saya dan pak Syarifuddin untuk mengemban tanggung jawab ini,” kata Rumpak.

“Saya juga mengucapkan terima kasih atas dukungan seluruh jajaran DPP, Pak Sekjen, kepada Pak Lasarus selaku ketua DPD beserta seluruh jajaran, juga kepada ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Sintang dan jajarannya serta seluruh simpatisan PDI Perjuangan dimanapun berada, yang juga telah memberikan dukungan kepada kami,” tambahnya.

Menurut Rumpak, pemberian rekomendasi dari partai merupakan sebuah amanah yang mahal sekaligus menunjukkan bahwa di PDI Perjuangan sedang terjadi proses kaderisasi. Selain itu, penunjukan ini adalah bagian dari upaya partai untuk berperan aktif dalam proses membangun dan meningkatkan kesejahteraan rakyat, dengan memilah dan memilihkan calon pemimpin masa depan, khususnya bagi rakyat Sintang.

“Saya secara pribadi dan seluruh kader siap untuk menjalankan amanah dari partai ini. Jadi atas keluarnya rekomendasi ini, ada kepercayaan besar yang harus saya jaga, saya pertanggungjawabkan, sebagai bagian dari upaya meningkatkan kesejahteraan rakyat. Kepercayaan ini akan kita gunakan untuk membangun rakyat Sintang terutama rakyat kita yang di pinggiran, yang di kampung-kampung. Kita juga akan menggunakan kepercayaan ini untuk memperbaiki harapan-harapan masyarakat yang belum terpenuhi seperti perbaikan infrastruktur, pengembangan ekonomi rakyat yang masif dan pembangunan Sintang yang adil dan lestari. Selama saya menjadi anggota dewan, saya sudah mendengar banyak aspiraasi masyarakat. Memenangkan pertarungan pilkada ini adalah salah satu cara mewujudkan harapan masyarakat itu secara cepat,” kata Rumpak.

“Saya mengharapkan dengan keluarnya rekomendasi ini seluruh jajaran dan struktur organisasi PDI Perjuangan, simpatisan relawan dan seluruh pendukung PDI Perjuangan di Kabupaten sintang untuk merapatkan barisan, memastikan pasangan Yohanes Rumpak dan Syarifudin, pasangan yang mengusung slogan Mandau Mengkilat ini harus kita menangkan. Mari bekerja keras dan iklas. Kita adalah satu-satunya calon yang berasal dari rakyat jelata, sangat mengerti penderitaan rakyat di kampung-kampung. Sudah mestinya rakyat jelata berada dibelakang kita semua untuk memenangkan pertarungan. Ini adalah pertarungan kita, pertarungan bersama, bagian dari upaya untuk menjaga harkat martabat dan harga diri kita,” ucap Rumpak lagi.

“Saya minta kepada seluruh peladang, tokoh masyarakat, tokoh adat, tokoh pemuda, para perempuan, buruh, nelayan dan petani untuk sekiranya bergabung bersama kita, menyatukan diri dalam satu gerakan guna memastikan bahwa kesejahteraan rakyat bisa didorong melalui kemandirian, kedaulatan, mengayomi, kerja iklas, adil dan cepat (Mandau mengkilat). Saya memohon kepada kita semua, beri saya dan pak Syarifuddin kesempatan dan kepercayaan untuk memimpin Sintang di masa yang akan datang. Akan kami buktikan amanah itu terwujud dengan kerja iklas, adil dan cepat,” tambahnya.

Dalam sambutannya, Rumpak berharap proses pemilihan daerah ini akan berjalan dengan aman, lancar dan tetap damai. Berkaitan dengan hal itu, ia berpesan kepada seluruh kader, simpatisan dan relawan PDI Perjuangan untuk menjaga sikap dan tidak mudah terpengaruh oleh wacana negatif dan berita bohong atau hoax.

“Kepada seluruh pendukung, kami harapkan untuk tetap menjaga keamanan, ketertiban dan situasi yang kondusif menjelang, selama dan setelah usai pelantikan nantinya, selama tahapan pilkada ini berlangsung. Mohon untuk tidak menjelekkan yang berbeda pilihan dan pasangan lain, tidak terpancing isu-isu negatif dan berita hoax yang mungkin santer berhembus, khususnya yang intinya ingin menjelekkan kita” kata Rumpak, “Pilkada adalah sebuah pesta demokrasi, jangan buat keributan karena ini sebuah pesta. Pesta adalah sebuah kegembiraan. Kita tetap fokus pada tujuan kita untuk merebut hati rakyat dengan cara-cara yang elegan, bermartabat, berbudaya dan dengan cara-cara adat istiadat kita. Kita harus betungkat ke adat basa bepegai ke pengatur pekara mati be pati idup be pampas malu mua be kesupan!”

Ketika diminta untuk menyebutkan target yang ingin dicapai dalam pemilihan kali ini, Rumpak menyebutkan kisaran nilai yang ingin diperoleh saat penghitungan suara nantinya.

“Target kita bisa menang di 60,09 %. Kita sangat yakin mampu mencapainya. Perhitungan ini kita estimasi berdasarkan DPT, tingkat partisipasi pemilih, tren basis PDI Perjuangan dan seluruh partai koalisi yang telah dan akan bergabung,” pungkas Rumpak. (*)