Rupinus Buka Musrenbang RKPD Kabupaten Sekadau Tahun 2021

oleh
oleh

SEKADAU, KN – Pemerintah Kabupaten Sekadau melaksanakan musyarawah perencanaan pembangunan (Musrenbang) rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) Kabupaten Sekadau tahun 2021 dengan tema “pemantapan infrastruktur dan peningkatan kualitas SDM untuk mendorong pembangunan sektor strategis menuju penguatan ekonomi masyarakat. Kegiatan bertempat di Aula Penanjung Island, Selasa (17/03/2020).

Dalam kegiatan ini, Bupati Sekadau Rupinus didampingi Wakil Bupati Sekadau, Aloysius dan Sekda Kabupaten, H. Zakaria Umar.

Sambutan Bupati Sekadau, Rupinus sekaligus membuka kegiatan Musrenbang mengatakan, Musrenbang RKPD tahun ini merupakan salah satu tahapan yang harus dilaksanakan sebagai amanat Undang-Undang nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional serta implementasi peraturan Menteri dalam negeri nomor 86 tahun 2017.

Musrenbang penyusunan RKPD Kabupaten Sekadau tahun 2021 merupakan merupakan salah satu rangkaian kegiatan setelah setelah dilaksanakan Musrenbang desa dan Musrenbang kecamatan pada waktu lalu.

“Pelaksanaan Musrenbang RKPD ini diharapkan memiliki kedudukan yang sangat penting dan strategis untuk membahas kebijakan dan prioritas pembangunan di Kabupaten Sekadau,” harap Bupati.

Perencanaan pembangunan tahun 2021 merupakan fahapan ke-5 dari RPJMD Kabupaten Sekadau yaitu sebagai tahap pemantapan perwujudan kemandirian dan kemajuan daerah.

Pembangunan daerah berorientasi pada pencapaian visi Kabupaten Sekadau yaitu “terwujudnya Kabupaten Sekadau yang maju, mandiri dan berdaya saing”.

Dalam kesempatan ini, Bupati Sekadau Rupinus juga menyampaikan beberapa capaian dan keberhasilan Kabupaten Sekadau sampai dengan tahun 2019 lalu diantaranya, angka kemiskinan dengan data terakhir 2019 menunjukkan penurunan sebesar 0,6 persen, meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) 7 kali berturut-turut dan penghargaan dari Ombudsman RI mendapat predikat zona hijau (predikat Kepatuhan tinggi) dalam pelayanan publik.

Kepala BAPPEDA Kalimantan Barat, Ir. Yuslinda, MM diawal sambutannya menyanpaikan apresiasi kepada pemerintah Kabupaten Sekadau atas antisipasinya mencegah atau antisipasi Virus Corona dengan melqkukan pemeriksaan kesehatan pada pintu masuk kegiatan.

“Saya juga apresiasi kepada Pemkab Sekadau melalui Bappeda Kabupaten yang sudah melakukan mekhanisme yang lengkap terkait Musrenbang ini,” ujarnya.

Selain itu, Yuslinda mengatakan pihaknya sudah mencatat apa yang disampaikan oleh pak Bupati Sekadau terkait Musrenbang tersebut.

Hadir dalam kegiatan ini, Ketua DPRD Provinsi Kalimantan Barat, OPD Provinsi Kalbar, Pimpinan DPRD Kabupaten Sekadau beserta anggota lainnya, Forkopimda, para Asisten, kepala SKPD, utusan swasta dan LSM, ketua TP PKK, ketua GOW, Camat, tokoh masyarakat dan tokoh agama, serta udangan lainnya.

Penulis: Meliamus Acil