Satbinmas Polres Melawi Gelar Safari Kamtibmas di SMAN 1 Sayan

oleh

MELAWI, KN – Satbinmas Polres Melawi Polda Kalbar menggelar kegiatan safari kamtibmas di SMA Negeri 1 Kecamatan Sayan Kabupaten Melawi, Senin (26/9/2022).

Adapun pokok kegiatan safari kamtibmas ini adalah terfokus pada penyuluhan dan pembinaan para pelajar di Kabupaten Melawi.

Materi yang disampaikan yaitu tentang kenakalan remaja, penyalahgunaan narkoba dan ancaman hukumannya serta dampak negatif dari narkoba. Imbauan tentang bullying kepada para pelajar, agar pelajar memiliki wawasan dan pengetahuan tentang tindakan bullying yang dapat merugikan bagi siswa-siswi lainnya. Dan imbauan tentang kamtibmas serta ketertiban dalam berlalu lintas dijalan raya juga disampaikan oleh Satbinmas Polres Melawi saat safari kamtibmas di SMA Negeri 1 Kecamatan Sayan tersebut.

Adapun personel Satbinmas Polres Melawi yang melaksanakan kegiatan ini yaitu Aiptu Sutrisno, Bripka Ngadino, Bripka Juliansyah, Bripka Arbian Kanit Binmas Polsek Sayan, Brigpol Angger Hermawan dan Briptu Yoga Bhabinkamtibmas Polsek Sayan.

Kegiatan ini dihadiri langsung oleh Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sayan Rafael Rafin beserta Dewan Guru dan para siswa-siswi SMA Negeri 1 Sayan.

Dilain tempat, Kapolres Melawi AKBP Sigit Eliyanto Nurharjanto, S.I.K melalui Kasat Binmas AKP Haryono menyampaikan kegiatan tersebut digelar dalam rangka silaturahmi dan menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di Wilayah Kabupaten Melawi.

“Kegiatan safari kamtibmas ini kami fokuskan kepada para pelajar di Kabupaten Melawi ini, dengan harapan mereka memiliki wawasan dan pengetahuan untuk menghindari suatu tindakan melawan hukum ataupun menjadi korban maupun menjadi pelaku dari suatu tindak melawan hukum,” jelasnya.

Lanjutnya,”Kegiatan ini digelar untuk menciptakan situasi kamtibmas yang kondusif di Kabupaten Melawi ini,” terangnya.

Tambahnya, “Dengan wawasan dan pengetahuan yang memadai kami yakin para pelajar mampu menghindari perilaku yang bertentangan dengan hukum. Dan mampu menangkal dan tidak terjerumus pada pergaulan bebas dan kenakalan remaja, baik dilingkungan sekolah maupun saat berada di lingkungan masyarakat,” tuturnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMA Negeri 1 Sayan Rafael Rafin menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada Polres Melawi dan Polsek Sayan yang telah memberikan penyuluhan dan pembinaan kepada para pelajar di SMAnya tersebut.

“Kami sangat senang dan bersyukur dengan kegiatan yang sangat baik dan tentunya bermanfaat ini, kami sebagai tenaga pendidik juga memiliki harapan yang sama dengan pihak kepolisian yaitu para pelajar ini mampu menghindari pelanggaran-pelanggaran hukum maupun norma-norma yang berlaku dilingkungan sekolah dan masyarakat,” tuntasnya.

Diakhir kegiatan, Satbinmas Polres Melawi juga memberikan sarana kontak berupa bola volly dan bola futsal kepada sekolahan SMA Negeri 1 Sayan tersebut. Hal ini sebagai langkah partisipasi aktif pihak Kepolisian dalam mendukung kegiatan positif dilingkungan sekolah di Kabupaten Melawi. (Okt)