Sebanyak 44 KPM Desa Paal Terima BLT DD Tahap Pertama

oleh
Camat Nanga Pinoh, Hendra Permana didampingi Kades Paal dan Forkopindes lainnya saat menyerahkan BLT DD kepada Keluarga Penerima Manfaat. (Dedi Irawan)

Melawi, KN – Desa Paal Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi melaksanakan penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) tahap pertama periode Januari, Februari, Maret, Sabtu (15/4/2023). Penyerahan yang dilaksanakan di Balai Desa Paal tersebut, dihadiri Camat Nanga Pinoh, Bahinsa, Babinkamtibmas, PLD serta para perangkat desa. Keluarga Penerima Manfaat (KPM) yang menerima sebanyak 44 orang.

Kepala Desa Paal, H. Sukarman mengatakan, jumlah KPM tahun 2023 ini berkurang dari tahun sebelumnya, pada tahun 2022 berjumlah 137 KPM dan kini menjadi 44. Hal tersebut menyesuaikan aturan terbaru yakni Peraturan Menteri desa nomor 8 tahun 2022 tentang prioritas penggunaan dana desa tahun 2023 dan Peraturan Menteri Keuangan (PMK) nomor 201/PMK.07/2022 Tentang Pengelolaan Dana Desa. Desa Paal menganggarkan untuk BLT kurang lebih sebanyak 15,4 persen

“Didalam aturannya menerangkan, maksimal atau paling banyak alokasi untuk BLT DD sebanyak 25 persen dari Dana Desa (DD),” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Bang Gudat itu mengatakan, KPM yang ditentukan sudah melaui tahapan-tahapan verifikasi oleh tim yang dibentuk desa. Sehingga, diberharap kepada KPM ubtuk memanfaatkan bantuan tersebut sebaik mungkin. ” Yang diterima oleh 44 KPM ini, BLT tahap pertama untuk periode Januari sampai Maret, berjumlah sebanyak Rp. 900 ribu. Semoga bermanfaat dan dimanfaatkan dengam baik oleh KPM,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Nanga Pinoh, Hendra Permana dalam arahannya mengatakan, Pemerintah memberikan BLT untuk membantu keluarga tidak mampu, dan belum tentu selalu ada. Untuk itu sebaiknya digunakan untuk modal usaha. Sebab BLT sifatnya sementara, sewaktu-waktu bisa saja hilang. “Bahkan kita tidak tahu apakah tahun depan ada atau tidak. Maka dari itu, gunakanlah bantuan itu sebaik mungkin, dan upayakan untuk bisa jadi modal usaha,” ingatnya mengakhiri. (Ira)