Sidak Prokes di Tiga Kantor OPD Sintang

oleh

SINTANG, KN – Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kabupaten Sintang menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke Organisasi Perangkat Daerah (OPD) jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sintang.

Sidak tersebut dilakukan untuk memantau disiplin penerapan protokol kesehatan di kantor-kantor pemerintahan yang menyelenggarakan pelayanan publik, Selasa (4/5/2021).

Adapun yang diperhatikan dalam sidak ini ialah ketersediaan sarana mencuci tangan, jarak tempat duduk, dan penggunaan masker.

Ada tiga kantor pemerintahan yang dikunjungi. Yaitu Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappenda), Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Sintang.

Sekretaris Satgas Covid-19 Kabupaten Sintang, Bernard Saragih mengatakan, selama ini disiplin protokol kesehatan sudah disosialisasikan ke masyarakat. Maka saatnya mereka mengingatkan jajaran Pemkab Sintang, terlebih yang memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Saya tidak mau ada terjadi klaster perkantoran di Sintang ini. Maka kita saling mengingatkan satu dengan yang lain dalam penerapan protokol kesehatan,” ucapnya.

Ia juga minta pimpinan OPD untuk mengawasi dengan rutin penerapan protokol kesehatan di kantornya. Sebut dia, mulai dari melakukan pengecekan kesediaan air untuk mencuci tangan, tempat duduk staf dan masyarakat yang datang, serta memakai masker.

Ia juga meminta Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk menjadi contoh masyarakat dalam kedisiplinan menerapkan protokol kesehatan. Termasuk yang melakukan work from home (WFH) untuk tidak berkeliaran di pasar dan warung kopi.

“Saat di tengah masyarakat juga, ASN harus bisa mengingatkan masyarakat. Saya melakukan sidak ini juga karena melihat sudah beberapa OPD yang melakukan lockdown akibat ada stafnya yang tertular Covid-19. Kepala OPD, Sekretaris, Kabid, dan Kasi di semua OPD agar mengingatkan jajarannya,” terangnya.

“Kita sering kali bisa menyuruh orang lain patuh, tetapi kita sendiri tidak patuh. Penularan Covid-19 tidak lewat binatang, tetapi antarmanusia. Jangan lelah untuk mengingatkan masyarakat yang berurusan ke OPD untuk menerapkan protokol kesehatan,” ucapnya.

Ia juga meminta setiap OPD untuk memberdayakan media sosial untuk memberikan motivasi dan mengingatkan orang lain dalam menerapkan protokol kesehatan.

Sementara itu, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Sintang Martin Nandung menyampaikan pesan, agar masyarakat membatasi mobilitas untuk menghindari penularan Covid-19.

“Kalau tidak mendesak dan tidak penting agar tidak nongkrong di warung kopi dan berbelanja ke tempat yang sangat ramai. Saya juga ingin agar semua orang yang habis melakukan perjalanan dari luar Sintang agar melapor ke Dinas Kesehatan dan melakukan isolasi mandiri di rumah. Kalau tidak sangat penting, jangan keluar daerah dulu,” pungkasnya. (*)