SLI Peduli Iklim Petani Sejahtera

oleh

SINTANG, KN – Mewakili Bupati Sintang, Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setda Sintang, Yustinus membuka kegiatan Sekolah Lapang Iklim (SLI) Operasional BMKG yang di laksanakan di Rumah Kopi Kelam, Selasa 25 Mei 2021.
Kegiatan SLI ini di hadiri Luhur Tri Uji Prayitno, S. P. M. Ling, selaku Kepala Stasiun Klimatologi Mempawah dan di ikuti secara Daring oleh Ketua Komisi V DPR RI, Lasarus, S.Sos, M.Si, Kepala BMKG Pusat Prof.Ir.Dwikorita Karnawati,M,Sc.Ph,D.

Dalam sambutannya Yustinus mengatakan, secara nasional bidang pertanian merupakan sektor penting bagi negara kita yang di kenal sebagai negara agraris. Setiap daerah di Indonesia memiliki potensi pertanian masing-masing setiap wilayah memiliki potensi komoditi yang sesuai dengan kondisi wilayah dan sektor lainnya.

“Tidak kalah penting Kabupaten Sintang ini memiliki potensi besar dibidang pertanian dan perkebunan seperti kita tahu dengan wilayah Kabupaten Sintang yang masih luas lahan untuk di jadikan bebagai macam jenis komoditi pertanian dan perkebunan. dengan SLI ini kita harapkan Kabupaten Sintang memiliki kemajuan multi sektoral salah satunya bidang pertanian” ucap Yustinus.

Lanjut Yustinus, kegiatan SLI yang pertama kali di Kabupaten Sintang ini diharapkan mampu menyemangati serta menunjukan antusias para petani yang bertujuan dalam pembinaan masyarakat petani untuk lebih tanggap dan menerapkan siklus iklim untuk meningkatkan kualitas serta kuantitas hasil pertanian,dengan konsep sedehana di lahan persawahan seperti ini yang dapat menciptakan atmosfer yang sebenarnya.

Yustinus berpesan, manfaatkan dengan baik momen ini, “bertanya lah lebih banyak sampai benar benar paham, karena kesempatan ini sangat berharga bagi kita sebagai petani khusunya petani yang bergerak di lahan persawahan, kata Yustinus.

Sementara itu, Kepala Stasiun Klimatologi Mempawah, Luhur Tri Uji Prayitno, S. P. M. Ling mengatakan di Kalimantan Barat ini kita memasang 129 pos.

“Di Kabupaten Sintang, kita memasang 10 pos ujian kerjasama, salah satunya di Kelam Permai, ini gambaran kondisi umum iklim di Kabupaten Sintang” jelas Luhur.

Lanjut Luhur, sebaran curah hujan bulanan lebih tinggi rata rata di atas 150 perbulan dan puncak nya di bulan November dan Desember, jika kita lihat curah hujan tahunan sedikit menurun dari tahun tahun sebelumnya. (Fs)