Tata Kawasan Perkotaan, Pemkab Sintang Akan Bangun Waterfront

oleh
Bupati Sintang, Jarot Winarno.

SINTANG, KN – Kawasan Saka Tiga pertemuan antar Sungai Kapuas dan Melawi, akan dibangun Waterfront oleh Pemerintah Kabupaten Sintang. Pembangunannya akan dimulai pada tahun 2021 sampai dengan 2024.

Pemerintah Kabupaten Sintang, mendapatkan suntikan dana sebesar Rp 40 miliar dari Direktur Jendral Cipta Karya. Tahun ini, pengerjaan proyek pembangunan waterfront tersebut akan dilelang dan dikerjakan.

Bupati Sintang, Jarot Winarno mengatakan ada 3 waterfront yang akan dibangun. Pertama di Sungai Durian, Depan Kantor Bupati Sintang dan Depan keraton Al-Mukarramah.

Pembangunan tiga waterfront dilakukan secara bertahap, dimulai tahun 2021 sampai dengan 2024.
Timelinenya, tahun ini mengerjakan Sungai Durian dan Depan Kantor Bupati. Tahun 2022 melanjutkan Sungai Durian. Tahun 2023 melanjutkan depan Kantor Bupati dan tahun 2024, bangun depan Keraton.

Menurut Jarot, pembangunan waterfront khusus di Sungai Durian, tidak hanya terfokus di bantaran sungai, atau jalan Brigjen Katamso saja. Beberapa ruas jalan lain, seperti jalan DI.Panjaitan, Kolonel Sugiyono juga akan dibenahi.

“Tepian sungai Jalan Katamso dibuat waterfront, dibenahi bahu jalannya ruang kendaran disiapkan, kemudian dibuat blok bongkar muat,” kata Jarot.

Jarot mengatakan selain akan dibangun kawasan Waterfront di tepian sungai Kapuas dan Melawi, Pemerintah Kabupaten Sintang, juga akan membangun jalur pejalan kaki (pedestrian) di jalur PKP Mujahidin hingga Taman Entuyut.

Jalur pedestrian akan dibangun dari jalan PKP Mujahidin, sampai dengan taman Entuyut, kemudian dilanjutkan sampai ke galeri seni.

“Jalan lintas melawi status nasional, ranah APBN. PKP Mujahidin, tugu BI sampai taman entuyut dan galeri, kewenangan kabupaten, kita mulai sentuhan sedikit di sini,” ungkapnya.

Sementara itu, Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman saat di konfirmasi media ini menyatakan apresiasi kepada Bupati Sintang, Jarot Winarno yang telah peduli terhadap pembangunan di Kabupaten Sintang terlebih dalam membangun kawasan Waterfront maupun membangun jalur pejalan kaki.

“Semoga dengan dibangunnya Waterfront maupun membangun jalur pejalan kaki, kota Sintang lebih baik lagi” ucap Hikman Sudirman. (GS)