Terkait Virus Corona, Bupati Sekadau Larang Masyarakatnya Pergi Keluar Negeri Jika Tidak Mendesak

oleh

SEKADAU, KN – Virus Corona menjadi perbincangan hangat baru-baru ini baik diluar negeri maupun di Indonesia. Berbagai upaya pencegahan dilakukan agar Virus tersebut tidak menyebar lebih luas.

Bupati Sekadau, Rupinus mengimbau kepada masyarakat Sekadau yang akan bepergian ke luar negeri jika tidak punya kepentingan yang mendesak agar mengurungkan niatnya.

Ia meminta agar menghindari kontak langsung dengan orang yang baru bepergian dari luar negeri terutama dari China, Thailand, Taiwan, Korea dan Negara-Negara yang telah terkena dampak Corona. Yang jelas menurutnya harus mewaspadai orang dari luar yang masuk ke Indonesia.

“Kalau tidak terlalu penting atau mendesak jangan dulu lah keluar Negeri,” ujar Bupati Selasa, (28/01/20).

Bupati juga menjelaskan kepada masyarakat luas jika mengalami gejala-gejala demam, batuk, flu agar segera berobat ke puskesmas atau Rumah Sakit terdekat untuk dilakukan penanganan.

Pihaknya sudah memerintahkan kepada Dinas terkait yaitu Dinkes Sekadau agar memberikan himbauan kepada Puskesmas atau Rumah Sakit agar cepat melakukan penanganan jika memang ditemui indikasi Virus Corona.

“Jika memang ada intruksi, ya minimal akan kita buat semacam posko lah,” paparnya.

Diketahui untuk daerah timur seperti dari Melawi, Kapuas Hulu, Sekadau dan Sanggau jika ditemukan indikasi Virus Corona maka Rumah Sakit rujukannya adalah di Sintang karena dinilai punya fisilitas memadai. (*)

Penulis: Meliamus Acil