Uskup Sanggau Rayakan Ultah Ke-75 Dengan Sederhana

oleh

SEKADAU, KN – Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr Giulio Mencuccini, CP merayakan Ulang Tahun (Ultah) yang ke-75 tahun, kegiatan bertempat di Paroki Sekadau, di Aula Susteran Jalan Rawak. Rabu (17/3/2021) kemarin.

Dalam kesempatan tersebut, Uskup Keuskupan Sanggau, Mgr Giulio Mencuccini, CP mengatakan, dalam perayan ulang tahun yang ke-75 ini berbeda dengan ulang tahun sebelumnya, karena perayaan tiga per empat abad ini merupakan titik penentuan karena Kitab Hukum Kanonik. Kan.401,1 berkata “Uskup Diosesan yang sudah berusia genap tujuh puluh lima tahun, diminta untuk mengajukan pengunduran diri dari jabatannya kepada Paus, yang telah mengambil keputusan setelah mempertimbangkan segala keadaan,” ujarnya

Uskup juga mengatakan, untuk menulis surat pengunduran diri bukanlah hal yang mudah karena di baris-baris terdapat hal penting dari hidup seorang Uskup sebagai Bapa dan Gembala Gereja/Keuskupan.

“Namun sesudah saya renungkan selama 31 tahun memimpin Keuskupan Sanggau, akhirnya saya berani menulis surat tersebut,” ungkapnya

“Meskipun demikian pelepasan duniawi bukan bearti perpisahan melainkan sebagai cara baru untuk terikat dengan gereja melalui doa dan kasih sayang,” ungkap Uskup Keuskupan Sanggau Mgr Giulio Mencuccini, CP. (NV/SB)