Viral…Kerumunan Massa di Jembatan Nanga Pinoh

oleh
Kerumunan Massa di Jembatan Nanga Pinoh, Kamus 13 Mei 2021

MELAWI, KN – Sebuah video berdurasi kurang lebih 4.20 menit beredar masif dimedia sosial. Dalam video yang beredar, nampak massa tak menjaga jarak dan bahkan tak menaati protokol kesehatan. Bahkan massa terlihat adu mulut dengan aparat keamanan.

Berdasarkan informasi yang beredar, peristiwa tersebut terjadi di Jembatan Nanga Pinoh, Kabupaten Melawi, Kamis 13 Mei 2021.

Menurut info yang berhasil dihimpun media ini bahwa dilokasi tersebut ada kegiatan perang mercon dalam rangka meramaikan Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

Saat dilokasi perang salah satu aparat keamanan menyita amunisi mercon sekaligus mengamankan orang tersebut, massa yang melihat pun tidak terima, dan hampir ricuh.

Terdengar dari salah satu massa dengan melontarkan kata “Jangan hilangi tradisi kami”. Aparat keamanan pun tidak tinggal diam. Alhasil massa yang dari jalur air tidak terbendung.

Kerumunan itu pun sontak mendapat beragam komentar dari warganet. Bahkan Anggota Komisi IV DPR-RI Dapil Kalimantan Barat II, Yessy Melania pun turut berkomentar dilaman Instagram milik pribadinya.

“Ini gimana dimelawi??, prokes??, edaran untuk tidak berkerumun??, melawi sedang tinggi-tingginya kasus Covid-19,” tulis dia.

@vale070217 mengatakan tidak ada yang bermaksud menghilangkan tradisi, karena terpaksa dengan kondisi Covid-19. Tolong mengerti dan berpikir bijak.

@nitha11_debora mengatakan dalam masa pandemi ini sudah sewajarnya mentaati protokol kesehatan. Bukan bermaksud untuk menghilangkan tradisi, tapi memang karena alasan yang kuat sehingga pemerintah melarangnya.

“Sadar kah kita bahwa dengan berkerumun seperti ini sudah memicu penularan Covid-19?. Nanti ketika sudah banyak yang kena yang disalahkan siapa?. Kalau merindukan suasana seperti dulu lagi, maka kita harus patuhi protokol kesehatan,” ucap Nitha berkomentar. (Fr/D2)