Virus Corona, Kadinkes Sintang Minta Masyarakat Waspada

oleh

SINTANG, KN – Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang dr. Harysinto Linoh menegaskan saat ini belum ada indikasi virus corona di Kabupaten Sintang. Meski begitu masyarakat diminta tetap waspada.

“Belum ada kasus corona di Kabupaten Sintang. di Indonesia juga belum ada, berita yang beredar itu hoak,” tegasnya saat press release di Aula Dinkes Sintang, Senin (27/01/2020).

Lanjut Sinto, penyakit ini pertama diketahui terjadi di Wuhan, China dan telah memakan korban jiwa. Sampai saat ini sudah 13 negara mengkonfirmasi terdapat kasus corona, termasuk negara Malaysia yang bebatasan langsung dengan Indonesia.

“Sintang ini jauh dari China, tapi Sintang ini bertetanggan dan jalur masuk dari Malaysia, ada empat penderita yang dinyatakan positif virus corona di negara tersebut. Kita khawatir ini bisa masuk ke Sintang,” kata Sinto.

Sinto menerangkan awalnya virus corona menular dari hewan ke manusia. Saat ini dicurigai menular dari manusia ke manusia. Karakteristik penyalit virus ini memiliki gejala serupa dengan penyakit SARS.

“Gejala penyakit corona ini yakni, Batuk, pilek, radang tenggorokan, tenggorokan kering, demam dan bisa mengakibatkan kematian bila terlambat penangannya. Saat ini belum ada vaksin untuk virus corona,” jelas Sinto.

Akan tetapi, Harysinto meminta masyarakat tidak panik namun tetap waspada serta melakukan pola hidup bersih dan sehat.

“Virus corona menyerang daya tahan tubuh yang lemah, oleh karena itu jaga kesehatan dengan menjaga pola hidup bersih dan sehat, konsumsi makanan yang bergizi seperti sayur dan buah buahan, perbanyak minum air putih, gunakan masker dan cuci tangan pakai sabun atau antiseptik dan air mengalir.” pesan Sinto.

Sinto mengimbau agar tidak menganggap gejala demam, batuk, pilek hal yang biasa. “untuk sekarang ini hilangkan paradigma bahwa sakit demam, batuk, pilek itu hal biasa. Segera lakukan perawatan medis,” pesannya.

Pihaknya, terang Sinto sudah printahkan puskesmas supaya memonitor kasus yang mirip kasus corona. Sinto juga minta peran serta masyarakat membantu melaporkan kepada petugas medis bila ada saudara yang mengalami gejala seperti terinfeksi virus corona.

“Bila ada saudara saudari kita yang baru datang dari luar negeri dan ada gejala mirip kasus corona segera laporkan ke petugas kesehatan,” pesannya.

“Untuk sekarang ini tunda perjalanan ke luar negeri yang terdapat kasus corona,” pesannya.

Direktur RSUD Ade M Joen Sintang melalui dr. Yusuf. mengatakan Virus corona ini menyerang sistem pernapasan. Mudah menyebar lewat udara, percikan. Virus ini Ini akan menyerang daya tahan tubuh yang lemah.

“Selama kita menjaga daya tahan tubuh kita tidak akan terjangkit, selama sistem imun kita baik, virus ini bisa di eliminasi dengan sendirinya,” terangnya.

Dia menerangkan hingga saat ini belum ada laporan masuk ke RSUD terkait kasus corona. “Kami belum ada menerima laporan kasus carona,” pungkasnya. (TIM)