Wabup Sekadau Buka Gawai Adat Dayak Mualang Desa Maboh Permai

oleh

SEKADAU, KN – Masyarakat suku Dayak Mualang Desa Maboh Permai kecamatan Belitang, Kabupaten Sekadau, Provinsi Kalimantan Barat, merayakan Gawai Adat Berkat Benih -IV tahun 2019, Minggu (23/6/2019).

Kegiatan Gawai Adat merupakan tradisi dan kebudayaan tahunan suku Dayak Mualang, sebagai wujud syukur atas panen padi di desa Maboh Permai.

Gawai Adat Dayak dipusatkan di Pasar Rakyat desa Maboh Permai, kecamatan Belitang mengusung tema “Melalui Gawai Dayak Kita Ciptakan Persaudaraan Yang Erat Antar Sesama Manusia & Menjunjung Tinggi Kebudayaan Sebagai Pedoman Hidup Bermasyarakat”.

Hadir dalam kegiatan ini, Wakil Bupati Sekadau Aloysius, SH, M.Si, Kadispora, Kapolres Sekadau diwakili Kasat Samapta IPTU Kamto, Kasat Binmas IPTU Masdar, Ketua DAD Sekadau Wilbertus Willy, Kapolsek Belitang IPDA Agus Junaidi, Danramil Peltu Jamal, Camat Belitang diwakili oleh Sekcam Jaluk, Kades Maboh Permai Sebastian, dan elemen masyarakat berserta warga desa Maboh Permai.

Gawai Adat Dayak di desa Maboh Permai Kecamatan Belitang Kabupaten Sekadau ini dibuka langsung oleh Wakil Bupati Sekadau, Aloysius ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 7 kali yang disaksikan tamu undangan beserta masyarakat desa Maboh Permai.

Dalam kata sambutannya, Wakil Bupati Sekadau, Aloysius mengapresiasi kepada panitia yang telah mengelar acara ini baik dari persiapan hingga pelaksanaan pada hari ini. Ia juga mengucapkan terimakasih kepada para pihak yang turut membantu pelaksanaan Gawai Dayak di desa Maboh Permai.

“Kedepan selain dilaksanakan pekan Gawai Dayak di tingkat desa, juga akan diadakan tingkat kecamatan dan kabupaten tahun 2019,” ujarnya.

Kades Maboh Permai, Sebastian dalam sambutannya menyampaikan terimakasih kepada Wakil Bupati Sekadau berserta rombongan yang telah hadir dalam pembukaan Gawai Dayak di desa kami.

“Terimakasih kepada Camat Belitang, Danramil serta Kapolsek yang telah mendukung kegiatan ini sehingga berjalan lancar, aman dan kondusif,” ucapnya.

Kades mengatakan, bahwa sinergi pemerintah Desa Maboh Permai dengan aparat keamanan dari Polsek maupun Koramil sangat dekat bahkan di desa Maboh Permai sendiri terdapat ruangan Bhabinkamtibmas satu atap dengan kantor desa Maboh Permai.

Sementara itu Kapolsek Belitang, IPDA Agus Junaidi juga menyampaikan pesan serta imbauan Kamtibmas kepada masyarakat.

“Selamat merayakan Gawai kepada masyarakat desa Maboh Permai. Kami Polsek Belitang dan Koramil sangat mendukung kegiatan ini,” ucapnya.

Terkait kejadian lakalantas yang sering terjadi, Kapolsek mengingatkan agar berhati hati berkendara terutama ketika pulang dari Gawai.

Dalam berkendara agar utamakan keselamatan, baik diri sendiri maupun pengguna kendaraan lainnya dan jangan lupa gunakan etika ketika berkendara.

Agenda kegiatan kepolisian saat ini, lanjutnya, di Polres Sekadau dan jajarannya melaksanakan Operasi Pekat (Penyakit Masyarakat) Kapuas 2019 selama 14 hari terhitung dari tanggal 17-30 Juni 2019.

Kapolsek meminta kepada masyarakat agar melakukan pengawasan terhadap anak mengenai pengaruh buruk media sosial.

“Jangan sampai anak kita menjadi korban penyalahgunaan media sosial. Pernah terjadi di Belitang kejadian kasus penipuan belanja online melalui medsos,” terang Agus.

Lanjut Kapolsek, uang dikirim namun barang yang dipesan tidak sampai. Setelah dilakukan penelusuran ternyata pelaku berasal dari Kalimantan.

Terakhir Kapolsek mengajak kepada seluruh masyarakat untuk menjaga Kamtibmas.

“Keamanan tidak akan terwujud dengan baik tanpa adanya peran dan dukungan masyarakat kepada aparat Kepolisian,” tukas Kapolsek Belitang mengkhiri pesan Kamtibmasnya.

Editor: Asmuni
Sumber: Polsek Belitang