Wabup Sekadau Terima On The Sport Komisi III DPRD Provinsi

oleh

SEKADAU – Pemerintah Kabupaten Sekadau di kunjungi Komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Barat (on the sport) terkait evaluasi APBD Kabupaten Sekadau tahun 2019, penyertaan modal pemerintah Kabupaten kepada Bank Pembangunan Daerah dan kinerja Bank Pembangunan Daerah cabang sanggau dan cabang sekadau. Acara bertempat di Ayla lantai 2 Kantor Bupati Sekadau, Jumat (15/2/19) sore.

Wakil Bupati Sekadau, Aloysius dalam sambutannya mengucapkan terimakasih atas kunjungan komisi III DPRD Provinsi Kalimantan Barat di Kabupaten Sekadau.

Lanjutnya, Kabupaten Sekadau saat ini mamasuki usia ke 16 tahun, berbagai pembangunan maupun infrastruktur, pembangunan sosial kemasyarakatan serta pembangunan ekonomi telah dapat kita raih.

Keberhasilan pembangunan antara lain dapat dilihat dari laju pertumbuhan produk domestik regional bruto (PDRB) dimana pertumbuhan ekonomi Kabupaten Sekadau dari tahun 2014-2017 rata-rata mencapai 5,90 persen.

Tingkat kemakmuran masyarakat Kabupaten Sekadau terus meningkat dari tahun ke tahun. Pada tahun 2017 PDRB per kapita Sekadau mencapai 19,47 juta mengalami peningkatan dari tahun 2016 sebesar 18,59 juta dan tahun 2015 sebesar 17,75 juta.

Terkait penyertaan modal pemerintah Kabupaten Sekadau kepada PT Bank Pembangunan Daerah Provinsi Kalbar
sejak tahun 2006-2018 sebesar 45,329.000.000 rupiah.

Wakil Bupati juga menyampaikan beberapa hal, pertama berkaitan dengan Jalan Sekadau-Rawak-Nanga Taman – Nanga Mahap yang sampai saat ini belum selesai, ia berharap kalau memang pada 2019 ini belum dimasukan, tahun 2020 supaya dimasukan.

Kemudian Jalan dari Balai Sebut ke Nanga Bloh, jalan tersebut sudah rusak berat. Selanjutnya, Kabupaten Sekadau akan menjadi tuan rumah MTQ tahun 2020.

Lanjutnya lagi, ada dua tempat ibadah yakni Masjid Agung yang terletak dijalan sintang dan Gereja agung (gereja katolik) dijalan sanggau.

“Semoga ini semua menjadi masukan bapak-bapak dari Komisi III saat kembali ke provinsi karna APBD kami sangat minim,” harapnya.

Ketua Komisi III Provinsi Kalbar, Mulyadi Yamin katakan bahwa Kabupaten sekadau sekarang sudah sangat maju.

“Dari sisi peningkatan dan pembangunan Kabupaten Sekadau sudah sangat diperhitungkan,” ujarnya.

Selain itu Mulyadi juga berpesan, kalau memang ada yang ingin diusulkan dari Kabupaten Sekadau, silakan diajukan profosalnya ke provinsi.

Sekretaris Komisi III DPRD Provinsi Kalbar, Hendri Makaluas menuturkan bahwa pemerintah Provinsi Kalbar selalu berupaya bagaimana meningkatkan PAD.

Terkait dengan Provinsi Kapuas Raya yang sebentar lagi akan di mekarkan, Kabupaten Sekadau juga bisa meningkatkan PAD.

Antara lain kata dia, alat-alat berat yang belum dibayar pajaknya supaya dibayar. Perlu ada Grai tempat bayar pajak untuk mempermudah para pembayar pajak yang jarak tempuhnya jauh.

Lanjutnya, selama ini di sekadau masih belum ada hotel berbintang. Kita perlu membawa investor untuk membangun hotel-hotel berbintang. Tempat kuliner asli sekadau juga belum ada, objek wisata atau wisata alam, sarang burung walet juga kalau bisa harus dibuatkan Perda.

“Itu semua bisa meningkatkan PAD,” kata Hendry.

Hadir dalam acara ini, Forkopimda, Ketua Komisi III DPRD Sekadau dan sejumlah SKPD dilingkungan Pemkab Sekadau. (Asmuni)