Yosepha: Musrenbang Dilaksanakan Untuk Menampung Usulan Pembangunan

oleh
oleh
Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah memberikan pengarahan.

SINTANG, KN – Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang, Yosepha Hasnah memberikan pengarahan pada pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tinkat Kecamatan Sintang, di Aula Kantor Desa Baning Kota, Selasa 07 Februari 2023.

Pada kesempatan tersebut, Yosepha Hasnah mengatakan bahwa musrenbang ini dilaksanakan untuk menampung usulan pembangunan dari masyarakat yang disebut dengan prinsip bottom up.

“Kades saya harap dalam menyusun perencanaan jangan banyak-banyak tetapi perlu ditetapkan mana yang skala prioritas saja,” ucapnya.

Ia mengatakan, upayakan perencanaan yang memang terkait langsung dengan pelayanan dan kebutuhan dasar masyarakat. Contohnya infrastruktur jalan dan jembatan.

“Hal ini karena beberapa wilayah di Kecamatan Sintang berada di dataran rendah dan selalu terendam banjir, prioritas lainnya bidang kesehatan dan pendidikan,” terang Sekda Sintang.

Pemkab Sintang, kata Sekda mendorong Desa agar menjadi desa yang maju dan mandiri ke depannya. Maka lakukan persiapan dan langkah yang bisa menuju kesana. Kades dan lurah harus proaktif dan inovatif.

“Kita ini masih sangat perlu pembangunan infrastrutkur, tetapi pemerintah pusat memberikan arahan, malah anggaran Dinas PU sedikit, dan anggaran untuk Dinas Pendidikan jauh lebih besar,” jelasnya.

Camat Sintang, Tatang Supriyatna menyampaikan bahwa musrenbang ini merupakan salah satu tahapan dalam perencanaan pembangunan untuk tahun 2024.

“Musrenbang menunjukan bahwa proses perencanaan pembangunan memegang prinsip bottom up dan partisipatif. Tema musrenbang kita adalah perencanaan yang lestari, ekonomi yang kuat dan stabil, daya saing manusia, meningkatnya kualitas infrastruktur dan tata kelola pemerintahan yang baik,” ucap Camat Sintang.

Ia mengatakan, saat ini Covid-19 sudah mereda, namun dampaknya masih terasa dalam hal ekonomi yang mengarah pada tingginya inflasi dan resesi ekonomi.

“Musrenbang di 13 desa dan 16 kelurahan yang ada di Kecamatan Sintang sudah selesai dilaksanakan dengan baik.  Hasilnya, usulan desa dan kelurahan masih berfokus pada pembangunan infrastruktur. Usulan prioritas desa dan kelurahan masih sebagian besar minta pembangunan infrastruktur,” pungkasnya.

Sumber: Rilis Prokopim