Ajak Semua Pihak Bersinergi Memelihara Fasilitas Umum

SINTANG, KN – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Ghulam Raziq mengatakan, fasilitas yang dibangun oleh Pemerintah agar dijaga dan dipelihara bersama. Sebab, tanpa kepedulian bersama untuk memiliharanya, maka dipastikan hasil pembangunan tidak akan berjalan seperti yang diharapkan.

“Perlu kesadaran dari masyarakat sendiri untuk memilihara pembangunan tersebut. Dengan rasa memiliki hasil pembangunan baik dari dana APBD Kabupaten, APBD Provinsi maupun APBN. Hendaknya diimbangi dengan pemiliharaan,” kata Ghulam Raziq ketika ditemui di Gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, baru – baru ini.

Menurut politikus Partai Pemersatu Pembangunan (PPP) ini, memilihara hasil pembangunan bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja. Namun, juga tanggung jawab seluruh lapisan masyarakat. Salah satunya dengan rasa memiliki, sehingga timbul perasaan ingin memilihara hasil pembangunan.

“Hendaknya masyarakat lebih peka dan terus mengawasi hasil pembangunan. Tentunya, dengan harapan apa yang telah dirancang dan direncanakan sesuai atau tidak, tetapi masih dalam koridor kewajaran sebagaimana ketentuan yang berlaku,” tutur Ghulam Raziq.

Legislator Dapil Sintang 1 ini, mencontohkan bahwa sangat penting menjaga dan memilihara sarana prasarana umum seperti rumah ibadah, posko-posko, sekolah, perkantoran dan lainnya.

“Fasilitas umum seperti lampu penerangan, jembatan serta taman kota, hendaknya di pelihara dan dijaga kerena sarana tersebut merupakan aset daerah. Seharusnya dapat menjadi kebanggan bagi warga sendiri,” kata Ghulam Raziq menyarankan.

Selain itu, Ghulam Raziq juga meminta peranan pengawasan dari dinas terkait. Sehingga aset daerah tersebut tetap terjada dan terawat.

“Jika ada oknum yang sengaja melakukan pengrusakan fasilitas umum, agar langsung ditertibkan sesuai dengan aturan,” pinta Ghulam Raziq dengan tegas.

Tentunya, kata Ghulam Raziq, pengawasan ini tidak bisa hanya dilakukan oleh instansi pemerintahan melainkan perlu adanya peran dari seluruh lapisan masyarakat.

“Jika aset daerah kita itu terpelihara, maka  kota sintang menjadi kota yang indah dipandangnya dan pembangunan yang semakin lebih baik,” pungkas Ghulam Raziq, wakil rakyat dari Dapil Sintang 1 ini. (*)