Alpius: Masyarakat Ketungau Hilir, Tengah dan Hulu Butuh Listrik

oleh
Alpius, Anggota DPRD Sintang

SINTANG, KN – Listrik merupakan kebutuhan vital masyarakat. Jika desa sudah tersambung listrik PLN, kegiatan ekonomi masyarakat akan lebih meningkat lagi.

Perihal inipun diungkapkan anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Alpius ketika ditemui di Gedung DPRD Sintang, baru – baru ini.

Alpius mengungkapkan, hingga saat ini masyarakat desa di Kecamatan Ketungau Hilir, Kecamatan Kegungau Tengah, dan Ketungau Hulu mendambakan pembangunan infrastruktur jaringan listrik di wilayahnya.

“Ya, ada tiga kecamatan masyarakatnya merasa belum merdeka, karena tidak ada infrastruktur jaringan listrik,” ungkap Alpius.

Karenanya, politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) ini, mengharapkan agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, melakukan pemerataan jaringan listrik dari Perusahaan Listrik Negara (PLN), terhadap wilayah pedalaman dan perbatasan seperti di tiga kecamatan itu.

“Kita harap pemerintah daerah dapat mendorong kebutuhan masyarakat pedalaman dan perbatasan ini, terutama soal infrastruktur jaringan listrik,” kata Alpius.

Alpius tidak memungkiri, bahwasanya pemerintah daerah tidak memiliki kewenangan penuh terkait infrastruktur jaringan listrik tersebut. Namun, dirinya mendorong agar pemerintah daerah melakukan koordinasi dan kolaborasi bersama pemerintah provinsi, agar mendesak pemerintah pusat untuk memperhatikan kondisi masyarakat di tiga kecamatan tersebut.

“Kita harap pemerintah daerah dan pemprov kalbar saling berkolaborasi untuk dapat menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat, agar masyarakat yang tinggal di tiga kecamatan ini dapat solusi akan persoalan yang mereka hadapi, terutama terkait infrastruktur jaringan listrik,” kata Alpius menyarankan.

“Ya, setidaknya kita minta agar diusulkan ke pemerintah pusat,” tambah Alpius.

Legislator DPRD Sintang ini, tidak menampik kesulitan yang dihadapi untuk wilayah hulu, mengingat keterbatasan infrastruktur jalan maupun jembatan dan juga jarak yang jauh menjadi kendala, dalam melakukan pemerataan jaringan listrik.

“Setidaknya, ada sebagian wilayah yang diusulkan untuk mendapatkan jaringan listrik, sehingga masyarakat mendapatkan solusinya,” pungkas Alpius, wakil rakyat dari Daerah Pemilihan (Dapil) Kecamatan Binjai Hulu – Kecamatan Ketungau Hilir – Kecamatan Ketungau Tengah – Kecamatan Ketungau Hulu ini. (*)