Catatan Komisi B, Infrastrukutur Masih jadi PR Pemerintah

oleh
Hikman Sudirman

SINTANG, KN – Setakat ini, Pemerintah Kabupaten Sintang dinilai masih banyak pekerjaan rumah atau PR yang mesti diselesaikan atau dituntaskan, terutama berkaitan dengan pembangunan infrastruktur dasar.

Rerata masyarakat di kabupaten ini mengharapkan pembangunan yang merata dan adil di tiap desa maupun dusun yang tersebar di 14 kecamatan.

Hal inipun diungkapkan Ketua Komisi B Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Sintang, Hikman Sudirman ketika ditemui di Gedung Parlemen Sintang, kemarin.

“Masih banyak pekerjaan rumah yang menjadi catatan kami harus diselesaikan pemerintah daerah, terutama soal pembangunan infrastruktur dasar, baik itu jalan, jembatan, pendidikan, kesehatan maupun ekonomi,” ungkap Hikman Sudirman.

Soal infrastruktur ini, kata politikus Partai Demokrat (PD), adalah permasalahan yang sudah cukup lama dan kompleks, sehingga dibutuhkan perhatian pemerintah unuk menanganinya. Tak hanya pemerintah daerah, tapi provinsi maupun pusat.

“Tentu kita ingin infrastruktur yang lebih bagus lagi, apalagi di wilayah pedalaman dan perbatasan. Rata-rata masyarakat inginkan perubahan di wilayahnya,” ungkap Hikman Sudirman.

Tak hanya itu, Hikman Sudirman juga mengingatkan peran pemerintah desa (Pemdes) untuk memperhatikan pembangunan di wilayahnya masing-masing. Sebab srtiap dana desa bisa digunakan untuk membangun desanya masing-masing.

“Jadi, dana desa tidak hanya untuk pemberdayaan masyaraakat desa saja, tapi bisa juga digunakan untuk membangun infrastruktur dasar. Tentunya dengan mematuhi segala aturan dan regulasi yang ada,” katan Hikman Sudirman.

Olehkarenanya, Hikman Sudirman menyarankan agar tiap program pembangunan yang direncanakan di masing-masing organisasi perangkat daerah (OPD) harus benar-benar menyentuh kebutuhan dasar masyarakat.

“Sehingga tiap program yang direalisasikan dapat bermanfaat bagi masyarakat,” pungkas Hikman Sudirman, wakil rakyat dari Dapil Kecamatan Kayan Hilir dan Kayan Hulu ini. (*)