Cegah Tindak Kejahatan Bersama Masyarakat

oleh

MELAWI,KN-Sebagai upaya preventif tindak kejahatan Sat Binmas melaksanakan Bimbingan Ketertiban Masyarakat (Bintibmas) keliling di Dusun Sungai Putih Desa Tanjung Tengang Kecamatan Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Selasa (20/8). Bimbingan tersebut dilakukan agar masyarakat bisa ikut melakukan pencegehan. Menurutnya hal tersebut dinilai lebih efektif dibandingkan jika Polisi melakukan pencegahan sendiri tanpa adanya kemitraan dengan masyarakat.
“Dalam menciptakan ketentraman umum berkehidupan masyarakat serta meningh katkan kondusifitas wilayah Sat Binmas Polres Melawi tidak hanya mencegah, tetapi juga mencari jalan keluar pemecahan permasalahan yang dapat menimbulkan gangguan dan berimplikasi terhadap keamanan dan ketertiban dilingkungan masyarakat,” kata Kanit Binpolmas Sat Binmas Aiptu MTL. Tobing didampingi anggota Binmas lainnya Brigadir Ngadino dan Bripda KiKi Haryati.
Kasat Binmas AKP Theodorus Pardamean Marbun menambahkan, bahwasannya keamanan dan ketertiban merupakan tanggung jawab bersama, maka dari itu mari kita jaga lingkungan kita agar selalu aman dan kondusif, dan peran aktif dari warga masyarakat utamanya para pemuda sangatlah penting guna menjaga kondusifitas kamtibmas di Wilayah Hukum Polres Melawi.
Menurutnya, para pemuda merupakan tulang pungung Bangsa dan Negara ini, hendaknya selalu menjadi pelopor dan penggerak dalam menjaga dan memelihara ketertiban. Selain itu juga selalu menjaga pergaulan agar tidak terpengaruh dengan hal-hal yang bersifat negatif, dan bisa terjerumus kedalam kenakalan remaja maupun permasalahan hukum lainnya. Isilah waktu luang, dengan kegiatan-kegiatan yang positif misalnya seperti berolahraga maupun membantu pekerjaan orang tuanya saat dirumah.
“Kami minta kepada seluruh warga utamanya para Pemuda dapat selalu memberikan berbagai informasi terutama tentang situasi dan kondisi kamtibmas, serta permasalahan yang ada didalam masyarakat guna untuk mengambil langkah-langkah dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Wilayah Hukum Polres Melawi,” ungkapnya. (ed/KN)